-->

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaru

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaru

Bagi kebanyakan orang, Yogyakarta menjadi salah satu tujuan utama untuk menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Tujuan utama mahasiswa baru pun tertuju ke perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Hal itu menjadi alasan kenapa universitas negeri di Yogyakarta maupun politeknik negeri di Yogyakarta selalu kebanjiran pendaftar.

Ada 6 perguruan tinggi di Yogyakarta yang terdiri dari 4 universitas negeri, 1 institut, dan 1 politeknik.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada pertama kali didirikan pada 19 Desember 1949. Universitas yang dikenal dengan singkatan UGM ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena memiliki segudang prestasi dan menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

UGM berada di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pada saat didirikan, UGM hanya memiliki 6 fakultas, yaitu: Fakultas Kedokteran, yang di dalamnya termasuk Bagian Farmasi, Bagian Kedokteran Gigi dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Kimia dan Ilmu Hayati.

Saat ini UGM memiliki 18 Fakultas dan dua sekolah, yaitu Sekolah Pascasarjana dan sekolah Vokasi.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dulunya adalah IKIP Yogyakarta dan didirikan pada tahun 21 Mei 1964, dan pada tanggal 14 Agustus 1999 IKIP Yogyakarta berubah nama menjadi Universitas Negeri Yogyakarta.

UNY sendiri memiliki 4 kampus wilayah dan 1 kampus utama yang bersebelahan dengan UGM. Saat ini UNY memiliki 7 Fakultas dan sudah memiliki sekolah vokasi atau sarjana terapan.

Saat ini UNY terkenal dengan ilmu keguruannya, maka banyak mahasiswa baru yang bercita-cita menjadi guru mendaftar ke UNY.

Biaya kuliah di UNY pun murah dan menjadikan UNY salah satu kampus dengan biaya kuliah termurah di Yogyakarta.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menjadi universitas negeri Islam pertama yang ada di Indonesia. UIN SUKA pertama kali didirikan pada tahun 1951 dan dulu namanya masih Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN).

Pada 24 Agustus 1960 PTAIN berubah nama lagi menjadi Institut Agama Islam Negeri atau IAIN, dan baru pada 1 Juli 1965 menjadi nama Universitas Islam Negeri.

UIN Suka merupakan universitas yang mengitergrasikan ilmu agama dengan disipilin ilmu yang dipelajari.

Saat ini di UIN suka ada 8 fakultas yang terdiri dari rumpun ilmu SOSHUM dan SAINTEK yang kualitasnya sudah terjamin baik.

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran Yogyakarta)

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Veteran Yogyakarta)

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Pembangunan Nasional, dan berstatus sebagai perguruan tinggi kedinasan.

UPN Veteran Yogyakarta berubah status menjadi universitas swasta pada tahun 1995 hingga Oktober 2014. Dan pada 6 Oktober 2014 UPN Veteran Yogyakarta secara resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Saat ini UPN Veteran Yogyakarta memiliki 5 faultas yang terdiri dari 1 program studi untuk D-3, 21 program studi untuk S-1, 8 program studi untuk S-2, serta 1 program studi untuk S-3.

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Institut Seni Indonesia Yoyakarta menjadi satu-satunya institut negeri yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. ISI Yogyakarta didirikan pada tanggal 23 Juli 1984 yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu.

ISI Yogyakarta merupakan hasil gabungan dari 3 akademi yang ada, yaitu Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), Akademi Musik Indonesia (AMI).

Saat ini ISI Yogyakarta memiliki 3 fakultas yang semuanya berfokus ada ilmu kesenian.

6. Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri di yogykarta yang berstatus sebagai politeknik. Politeknik ATK Yogyakarta kini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Saat ini Politeknik ATK Yogyakarta memiliki mahasiswa sebanyak 600-an orang dan 45 tenaga dosen dari 3 program studi yang berbeda, yaitu prodi Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik, Teknologi Pengolahan Kulit, dan Teknologi Pengolahan Produk Kulit.

Kesimpulannya hanya ada 6 perguruan tinggi di yogyakarta yang terdiri dari 4 universitas negeri, 1 insitut negeri dan politeknik. Untuk perguruan tinggi lain sifatnya kedinasan oleh karena itu tidak saya sertakan.

0 Response to "Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel