-->

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2023 Versi Ristekdikti

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai 10 Politeknik terbaik di Indonesia pada tahun 2023 versi Ristekdikti setelah membaca artikel ini. Artikel ini memudahkan kamu untuk mencari informasi politeknik-politeknik yang ada di Indonesia.

Ristekdikti tidak hanya membuat daftar universitas terbaik di Indonesia saja, namun juga menilai kinerja politeknik dan membuat daftar mana saja politeknik yang memiliki kualitas unggul di Indonesia.

Artikel ini dibuat dari data yang ada pada website Ristekdikti, pada penilaian terhadap politeknik yang ada di Indonesia. Berikut daftar 10 Politeknik terbaik di Indonesia :

Baca juga : 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2023

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang lebih dikenal dengan singkatan PENS menjadi politeknik terbaik yang ada di Indonesia versi Ristekdikti. PENS mengalahkan politeknik lain yang ada di pulau jawa.

PENS cocok bagi kamu yang ingin mendalami dunia elektronika atau dunia robotika, sebab tim robotika PENS beberapa kali mengalahkan universitas-universitas ternama yang ada di Indonesia dan memenangkan kontes robot 12 kali berturut-turut.

Politeknik yang ada di Surabaya ini memiliki jurusan selain Elektronika, ada Teknik Informatika, mekanika, dll.

Baca juga : Daftar Lengkap Jurusan di PENS dan Akreditasinya Tahun 2023

2. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Posisi ke dua diisi oleh Politeknik Negeri Bandung, politeknik yang ada di Bandung ini sebelumnya bernama Politeknik ITB karena ada di bawah naungan dari ITB namun pada tahun 1977 Politeknik Negeri Bandung resmi memisahkan diri dari ITB dan berdiri sendiri

Polban memiliki D3 dan D4 yang bisa kamu pilih, di Polban juga ada jurusan bahasa jika kamu tidak menyukai jurusan Teknik.

Perkuliahan di Polban terdiri dari tatap muka seperti perkuliahan konvensional lain dan melalui e-learning yang tidak memperlukan tatap muka dan bisa dilakukan di mana saja.


3. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik Negeri Malang (Polinema) dulunya memiliki nama Politeknik Universitas Brawijaya, dan pada tahun 2004 nama Politeknik Negeri Malang resmi digunakan.

Polinema memiliki 7 jurusan dan 19 program studi pada jenjang D3 dan D4. Kamu bisa memilih akan menggunakan jalur prestasi atau jalur kualifikasi untuk mendaftar ke Politeknik Negeri Malang.

Selain itu, Polinema menyediakan jalur masuk kerja sama dengan PT PLN Persero yang akan membantumu langsung bekerja di PT PLN Persero setelah lulus dari Politeknik Negeri Malang.

4. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik yang letaknya sangat dekat dengan Universitas Diponegoro ini sudah memiliki akreditasi A dan berhasil menduduki posisi ke-4 dalam hal Politeknik terbaik versi Ristekdikti.

Selain keunggulan kualitasnya, politeknik yang lebih dikenal sebagai Polines juga menjalin kerjasama dengan MSU (Management Science University) di Malaysia untuk program studi Teknik Informatika dan program studi Manajemen Pemasaran.

Politeknik Negeri Semarang bisa menjadi pelabuhanmu untuk menimba ilmu lebih tinggi dari jenjang SMA sederajat.

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera barat berfokus pada pengelolaan pertanian. Politekik Pertanian Negeri Payakumbuh saat ini memiliki 3 jurusan yaitu, Teknologi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan.

Jika kamu calon mahasiswa dari pulau Jawa dan ingin merasakan kehidupan di tanah Sumatera, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh bisa dijadikan tujuan utama maupun alternatif.

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik Negeri Ujung Pandang berada di Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki beberapa nama, yaitu Poltek, Kampus Hitam dan yang paling dikenal PNUP.

Sebelum tahun 1997 Politeknik Negeri Ujung Pandang bernama Politeknik Universitas Hasanuddin. Tepat pada tahun 1997 PNUP berdiri sendiri sebagai Politeknik Negeri Ujung Pandang, saat ini PNUP memiliki lebih dari 3000 mahasiswa.

7. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik Negeri Jakarta diresmikan pada tahun 1998, memiliki sejarah yang panjang membuat PNJ menjadi salah satu politeknik yang bersejarah, hingga saat ini PNJ sudah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat pula.

Saat ini Politeknik Negeri Jakarta sudah memiliki 7 jurusan kuliah di bidang rekayasa teknologi dan tata niaga.

Mencari gelar Diploma di PNJ memiliki benefit yang banyak, sebab PNJ menjalin banyak kerjasama dengan beberapa perusahaan yang ada di Indonesia, yaitu PT Jasa Marga, PT Trakindo Utama, CCIT-FTUI, Badak LNG, Holcim Academy, GMF Aeroasi, Asia e-University Malaysia, dan BLK Cevest Bekasi.

8. Politeknik Negeri Padang

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Tanah Sumatera memiliki banyak politeknik yang berkualitas, salah satunya Politeknik Negeri Padang yang berada di Sumater Barat. Politeknik ini berhasil menduduki peringkat ke-8 sebagai Politeknik Terbaik di Indonesia.

Letak Politeknik Negeri Padang bersebelahan dengan Universitas Andalas. Politeknik ini memiliki moto Berpikir Akademis, Bertindak Profesional, Berakhlak Mulia.

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (POLIPANGKEP)

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Politeknik Pertanian Negeri Pangkaje Kepulauan memiliki kesamaan dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Keduanya sama-sama bernama Universitas Hasanudin sebelum akhirnya mereka berdiri sendiri-sendiri.

Politeknik yang juga memiliki nama lain Polipangkep memiliki jurusan yang berfokus pada perikanan dan pertanian. Total hingga saat ini ada 9 jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa Polipangkep.

Polipangkep berada di posisi ke-9 dan masuk dalam daftar 10 Politeknik terbaik di Indonesia pada tahun 2023.


10. Politeknik Negeri Bali

10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020 Versi Ristekdikti

Peringkat ke-10 dalam daftar politeknik terbaik di Indonesia pada tahun 2023 diisi oleh Politeknik yang ada di pulau dewata, yaitu Politeknik Negeri Bali.

Politeknik Negeri Bali resmi didirikan pada tahun 1997 dan terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Sebelum tahun 1997 seperti politeknik yang lainnya, Politeknik Negeri Bali juga tergabung dengan universitas, yaitu Universitas Udayana.

Politeknik Negeri Bali bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mendapat gelar Diploma dan bekerja di sektor Pariwisata, karena di Politeknik Negeri Bali ada 3 jurusan keren terkait pariwisata.

Penutup

Sebelum memilih politeknik, kamu harus mengetahui passion yang kamu miliki, selain itu kamu juga harus tau minat dan bakatmu, jangan sampai kamu merasa salah jurusan jika sudah mendaftar di suatu Politeknik.

Semoga artikel ini bisa membantumu dalam mencari politeknik yang paling sesuai dengan keinginanmu. Data artikel ini sesuai dengan data terbaru yang ada pada Database miliki Kemendikbud dulu Ristekdikti.

0 Response to "10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2023 Versi Ristekdikti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel