-->

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2023

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Setiap tahunnya, lulusan SMK dan SMA berlomba-lomba untuk masuk universitas terbaik yang ada di kota Jogja. Banyak calon mahasiswa baru atau biasa yang disebut camaba ini mencari informasi mengenai daftar universitas terbaik di jogja.

Pada artikel kali ini, kamu bakal mengetahui 10 universitas terbaik di jogja, baik universitas negeri maupun swasta.

Data yang saya jadikan patokan merupakan data universitas yang masuk daftar 100 besar universitas terbaik versi Ristekdikti.

Jika ditelusuri lebih lanjut sebenarnya ada ratusan universitas yang tersebar di kota Jogja ini, namun demi memudahkan kamu untuk mengetahui universitas mana saja yang bagus, maka saya rangkum menjadi 10 universitas terbaik di Jogja. Berikut daftarnya :


1. Universitas Gajah Mada (UGM)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Pada urutan pertama ada Universitas Gajah Mada (UGM) yang menjadi universitas terbaik ke-2 di Indonesia versi Ristekdikti. UGM merupakan salah satu universitas negeri di Yogyakarta yang memiliki peminat sangat banyak walaupun dengan biaya kuliah yang lebih tinggi dari PTN lain di Jogja.

UGM juga memiliki fasilitas yang banyak dan dapat menunjang kegiatan akademik. Selain itu lingkungan akademik yang terjaga di UGM bisa membuatmu semakin nyaman untuk belajar di sana.

Universitas Gajah Mada, memiliki pengajar dengan kualitas Nasional maupun Internasional dan berbagai program unggulan yang membuat lulusan dari universitas ini memiliki kompetensi yang baik.

Salah satu lulusan UGM yang saat ini paling terkenal adalah presiden Indonesia yaitu Ir. Joko Widodo.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Negeri Yogyakarta atau dulu dikenal sebagai IKIP Karangmalang menjadi universitas yang memiliki persaingan paling ketat kedua setelah UGM.

Jika kamu ingin menjadi seorang guru, maka UNY merupakan universitas yang cocok untuk kamu belajar. Sebab Universitas Negeri Yogyakarta menjadi salah satu universitas pendidikan terbaik di Indonesia.

Walaupun terkenal sebagai kampus pendidikan, UNY sekarang juga mulai membuka jurusan-jurusan murni yang pada pembukaan pertamanya sudah memiliki persaingan yang tinggi, seperti Informatika dan Teknik Elektro.

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki 7 fakultas yang memiliki kualitas bagus dan juga memiliki pengajar yang berkelas internasional. Terutama pak Sutrisna Rektor UNY yang akhir-akhir ini sedang viral membuat UNY menjadi kampus yang nyaman dan menyenangkan.

Perlu kamu ketahui, UNY ada pada urutan ke16 universitas terbaik di Indonesia.

Di UNY juga ada jurusan keren, yaitu Jurusan Pendidikan Teknik Mektronika. Jurusan ini mempelajari mengenai robot dan sistem kendali, selain itu masih banyak lagi jurusan yang memiliki prospek bagus di masa depan.


3. Universitas Islam Indonesia (UII)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Islam Indonesia menjadi universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Data dari Ristekdikti menempatkan Universitas Islam Indonesia berada di urutan ke-17 kampus terbaik di Indonesia, tepat di bawah UNY.

UII memiliki kualitas yang sama dengan universitas negeri lain di Jogja, oleh karena itu UII biasanya menjadi salah satu tujuan para calon mahasiswa untuk menjadikannya sebagai tempat belajar.

Satu hal lagi yang membuat UII masuk dalam daftar universitas terbaik di Yogyakarta karena Universitas Islam Indonesia sudah terakreditasi A dan jurusan-jurusannya juga banyak yang sudah terakreditasi A.

UII juga masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia pada tahun ini.


4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Posisi keempat masih ditempati universitas swasta di Jogja. Universitas Atma Jaya Yogyakarta masuk dalam urutan ke-30 universitas terbaik di Indonesia versi Ristekdikti.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki 6 fakultas yang di dalamnya ada banyak program studi yang sudah terakreditasi A. UAJY juga memiliki relasi yang baik dengan instansi-instansi di luar negeri seperti : Chung Yuan Christian University (Taiwan) dan Highline Community College (USA).

Dengan kualitas yang bagus, tidak membuat UAJY menjadi kampus impian banyak orang. Selain kualitas, fasilitas di Universitas ini juga tidak ketinggalan dengan universitas lain yang ada di Yogyakarta.


5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Urutan ke-5 ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Jogja dengan singkatan UMY. Universitas yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1981 sudah banyak menuai prestasi.

Salah satu prestasi yang membanggakan yaitu, terpilihnya pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi pustakawan berprestasi dan mendapatkan juara 1 tingkat nasional.

Walaupun universitas swasta, tapi dengar-dengar persaingan untuk masuk ke UMY cukup banyak, bahkan ada yang sampai ditolak. Hal itu menandakan UMY merupakan kampus yang berkualitas dan memiliki daya saing di Jogja dan Indonesia, yang pastinya dengan biaya kuliah yang tidak terlalu mahal..

Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menempati posisi ke-35 dalam daftar 100 universitas terbaik di Indonesia.

6. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Ahmad Dahlan masuk ke dalam 100 daftar univeritas terbaik di Indonesia versi Ristekdikti, dengan menempati posisi ke-37. Berbeda 2 posisi dari saudaranya yaitu UMY.

Bagi kamu yang ingin mencari kampus swasta lain yang berkualitas selain UII dan UMY, saya sarankan Universitas Ahmad Dahlan ini menjadi pilhanmu. Selain segi prestasi, UAD memiliki fasilitas yang banyak dan sangat mendukung.

Selain itu, program studi kedokteran dan farmasi di UAD itu bukan program studi biasa, sebab sudah banyak yang mengakui kualitas alumni-alumni dari Universitas Ahmad Dahlan.

7. Universitas Sanata Dharma

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Sanata Dharma atau yang lebih dikenal USD meraih prestasi yang baik, buktinya sekarang USD berada dalam posisi ke-39 universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas yang memiliki 7 fakultas dan 5 kampus yang tersebar di seluruh Yogyakarta ini sudah menjadi universitas dengan Akreditasi A. Oleh karena itu saya menyarankan untuk memasukkan Universitas Sanata Dharma ke dalam kampus impianmu.

8. Institut Seni Indonesia (ISI)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Institut Seni Indonesia menjadi PTN ke-3 terbaik di kota Yogyakarta, membuat ISI adalah PTN yang bisa kamu jadikan pilhan khususnya kamu yang menyukai hal-hal berbau seni.

Untuk peringkat nasional, Institut Seni Indonesia berada dalam posisi ke-58 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sudah banyak lulusan berpengaruh dari ISI Yogyakarta ini, salah satu yang pasti kamu ketahui adalah penyanyi Soimah Pancawati.

ISI juga dikenal dengan biaya pendidikannya yang lumayan ramah dikantong, jadi tidak aneh jika ISI memiliki banyak peminat.

9. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Islam yang ada di Jogja bukan hanya UII, UMY dan UAD saja. Kita tidak boleh melewatkan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. UIN suka menjadi salah satu universitas favorit di Jogja terutama untuk calon mahasiswa baru yang mencari universitas negeri Islam di Jogja.

UIN SUKA yang didirikan pada tahun 1951 ini sudah memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah Pascasarjana. Terdiri dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pascasarjana.

Memiliki banyak fakultas dan juga akreditasi A oleh BAN PT membuat UIN SUKA pantas masuk ke dalam daftar 10 universitas terbaik di Jogja pada tahun ini.

Jika kamu ingin mengetahui biaya kuliah di UIN SUKA kamu bisa membaca artikel Biaya Kuliah UIN SUKA Lengkap di website ini.

10. Universitas Pembangunan Nasional (UPN)

10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2020

Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta atau UPN ini semakin terkenal semenjak universitas ini menjadi salah satu universitas negeri di kota Jogja pada tahun 2014. Semenjak itu, persaingan untuk masuk ke UPN semakin banyak dan membuat biaya kuliahnya menggunakan sistem UKT.

UPN semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai universitas negeri di Yogyakarta yang memiliki program studi pertambangan yang berkualitas. Maka tidak afdol jika saya tidak memasukkan UPNV Yogyakarta ke dalam daftar universitas terbaik di Jogja.

Itulah daftar 10 universitas terbaik di Jogja, artikel ini bisa kamu jadikan rujukan untuk menentukan universitas mana yang akan kamu masuki jika kamu ingin berkuliah di kota pendidikan ini. Selain itu biaya hidup di Jogja juga murah dan tentu saja sangat nyaman.

0 Response to "10 Universitas Terbaik di Jogja Tahun 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel