Fungsi pinMode(), digitalRead() dan digitalWrite() pada Arduino

Fungsi pinMode(), digitalRead() dan digitalWrite() pada Arduino

Artikel kali ini akan mengenalkanmu pada fungsi-fungsi pada Arduino untuk mengakses pin digital yang ada di Arduino. Ada 3 fungsi yaitu pinMode()digitalRead(), dan digitalWrite().

pinMode(), digitalRead(), dan digitalWrite(), adalah sebuah fungsi untuk mengakses pin digital yang ada pada Arduino. Ketiga fungsi ini digunakan untuk menyederhanakan perintah yang berhubungan dengan  pin I/O digital pada board Arduino.

Saya akan membahas ketiga fungsi di atas satu per satu secara lengkap, mulai dari fungsinya, penggunaannya, hingga contoh programnya.

pinMode()

Apa itu fungsi pinMode() ?

Fungsi pinMode() pada arduino adalah sebuah perintah yang fungsinya untuk mengkonfigurasi pin tertentu agar bekerja menjadi sebuah input atau output.

pinMode() biasanya digunakan pada void setup() untuk melakukan konfigurasi pada suatu pin, di dalam pemrograman arduino perintah pinMode() akan sering kamu jumpai dan gunakan.

Bagaimana cara menulis fungsi pinMode() pada arduino ?

Penulisan fungsi pinMode di arduino cukup mudah, hanya saja kamu harus memperhatikan besar kecil hurufnya dan fungsi setiap parameter yang ada di dalam kurung. Ada 2 parameter yaitu pin dan mode.

Sintaks : pinMode(pin, mode);

Mari kita bahas satu-satu.

  • Parameter pin, fungsinya untuk menentukan pin mana yang akan dikonfigurasi, bisa 1, 2, 3 atau yang lain. Bisa juga diisi menggunakan sebuah variabel.
  • Patameter mode, fungsinya untuk menentukan jenis mode apa yang akan digunakan, apakah pin akan berfungsi sebagai input atau ouput. Oya, jangan lupa juga penulisannya harus menggunakan huruf kapital seperti ini; INPUT/OUTPUT.

Kapan Fungsi pinMode() Digunakan ?

Penggunaan pinMode() pada saat memprogram arduino terjadi ketika kamu akan menentukan sebuh pin menjadi input atau output.

Jadi, jika kamu merasa ingin membuat program pada sebuah LED sebagai output lampu yang berkedip, saat itulah pinMode digunakan sebagai output.

Tenang, ada contohnya yang mempermudah kamu mengerti.

Contoh Penggunaan pinMode() pada Arduino


digitalWrite()

Fungsi digitalWrite() pada arduino adalah salah satu perintah yang berfungsi untuk memberi nilai 1 atau 0 kepada pin digital yang ada pada arduino. 1/0 bisa juga disebut dengan nilai HIGH dan LOW ke pin digital.

Tegangan akan diatur ke nilai yang sesuai, 5V (atau 3.3V) untuk HIGH, 0V (ground) untuk LOW.

digitalWrite() bisa digunakan di dalam void mana pun, void setup() maupun void loop() bisa digunakan. Namun saya biasanya hanya menggunakannya di dalam void loop() saja.

Bagaimana cara menulis fungsi digitalWrite ?

Sintaks: digitalWrite(pin, nilai)

apa arti ke dua parameter di dalam fungsi digitalWrite ?

  • Sama seperti pinMode(), parameter pin di digitalWrite() juga berguna untuk menampung pin yang akan digunakan, bisa pin 1,2,3 atau yang lain sesuai kebutuhan dan penggunaan
  • Parameter nilai berfungsi sebagai tempat untuk memberikan nilai yang nantinya akan dikirim ke pin yang ada di Arduino. Jika kamu ingin menyalakan LED artinya kamu harus memberi nilai HIGH, jika kamu ingin mematikan LED kamu tinggal berikan nilai LOW

Kapan Waktunya Menggunakan digitalWrite() ?

Fungsi digitalWrite() digunakan ketika kamu ingin memberikan nilai ke sala satu pin di Arduino seperti pembahasan di atas.

Kamu akan sering menggunakan fungsi digitalWrite() ketika output yang kamu harapkan berupa output di perangkat elektronika seperti buzzer, LED. Atau ketika ingin mengambil nilai dari inputan seperti push button.

Contoh Penggunaan Fungsi digitalWrite() pada Arduino


digitalRead()


Seperti artinya yaitu membaca. 

Fungsi digiitalWrite() adalah sebuah perintah yang digunakan untuk membaca nilai dari suatu inputan yang berasal dari pin digital Arduino baik nilai HIGH maupun LOW.

Penulisan sintaks dari fungsi digitalRead() tidak berbeda jauh dengan penulisan fungsi digitalWrite() malah lebih mudah karena tidak memerlukan banyak parameter yang ada di dalam tanda kurungnya.

Berikut cara penulisannya :

Sintaks : digitalRead(pin)

Rasanya tidak perlu saya jelaskan ya terkait kegunaan parameter pin pada fungsi digitalRead() karena sama seperti perintah yang lain.

Kapan Penggunaan Fungsi digitalRead() ?

Fungsi ini digunakan ketika kamu hendak membaca nilai dari suatu inputan pin.

Misalnya pin 2 terhubung ke push button, untuk membaca nilai yang dikirim dari push button kamu bisa menggunakan perintah digitalWrite() untuk melakukannya.


Contoh Penggunaan Fungsi digitalRead() pada Arduino


Perbedaan Fungsi digitalRead() dengan digitalWrite() di Arduino

Bagi seseorang yang baru saja belajar pemrograman di Arduino pasti kadang bertanya-tanya. Apa perbedaan fungsi digitalRead() dengan digitalWrite() ?

Saya hanya akan menyimpulkan saja, karena jika mempelajari semua artikel ini pasti kamu bisa mengerti dengan mudah.

Perbedaannya terletak pada kegunaannya, digitalRead() digunakan untuk membaca nilai dari salah satu pin, sedangkan digitalWrite() digunakan untuk memberikan nilai ke salah satu pin di Arduino.

Sekian pembahasan mengenai 3 fungsi dasar di arduino yaitu pinMode(), digitalRead() dan digitalWrite(). Semoga ilmu yang disampaikan bisa diterima dengan baik ya.

0 Response to "Fungsi pinMode(), digitalRead() dan digitalWrite() pada Arduino"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel