Ini Dia Perbedaan Void Setup() dan Void Loop() Pada Arduino

Ini Dia Perbedaan Void Setup() dan Void Loop() Pada Arduino

Saat memprogram Arduino kita pasti akan bertemu dengan fungsi yang bernama void setup() dan void loop(). Namun, karena komunitas dan artikel yang membahas tentang Arduino masih sedikit, banyak orang yang tidak tau mengenai perbedaan void setup() dan void loop().

Oleh karena itu kali ini saya akan menulis mengenai fungsi void loop() dan void setup() serta perbedaannya.


Void Setup()

Fungsi void setup() dijalankan pada saat sketch atau program Arduino mulai. Fungsi ini digunakan untuk menginisiasi variabel, mendeklarasikan pin yang digunakan, menggunakan library, dll.

Fungsi void setup() hanya akan dijalankan sekali saja setiap Arduino mulai atau saat direstart.

Contoh :


Void Loop()

Fungsi void loop() dijalankan setelah fungsi setup() sudah selesai dijalankan, void loop() bertujuan untuk mengeksekusi dan menjalankan program yang sudah dibuat. Fungi ini akan secara aktif mengontrol board Arduino baik membaca input atau merubah output.

berbeda dengan void setup() yang hanya dijalankan sekali oleh Arduino, fungsi void loop() akan dijalankan berulang kali oleh Arduino secara berkala. Oleh sebab itu diberi nama loop() yang artinya berulang (lingkaran).

Contoh :


Berikut adalah hasil jika program di atas dijalankan. kalimat Welcome to my world yang berada di fungsi void setup() hanya dijalankan sekali. Sedangkan kalimat Hello World yang berada di fungsi void loop() dijalankan berkali-kali dengan jeda 1 detik.




0 Response to "Ini Dia Perbedaan Void Setup() dan Void Loop() Pada Arduino"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel