-->

Update Terbaru Biaya Kuliah UNY 2023 Terlengkap


Biaya Kuliah di UNY

Biaya kuliah atau UKT di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang terdapat di artikel ini saya dapatkan dari laman resmi milik UNY, jadi kamu data yang ada sudah dijamin kebenarannya dan telah diperbarui di tahun 2023 ini..

Biaya kuliah di universitas sering menjadi tanda tanya bagi calon mahasiswa baru. Biaya kuliah atau SPP per semester di Universitas Negeri Yogyakarta disebut dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal).

UKT merupakan biaya yang harus dibayarkan setiap semesternya (6 Bulan) kepada pihak kampus. Nominal UKT biasanya berbeda-beda setiap mahasiswa karena disesuaikan dengan kondisi ekonomi mahasiswa sesuai aturan Kepmen Ristekdikti No. 91/M/KPT/2018 tentang BKT dan UKT.

Dengan menggunakan sistem UKT, biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa dari semester pertama hingga terakhir jumlahnya akan tetap sama dan tidak berubah, walaupun di semester akhir hanya tinggal tugas akhir.

Besaran UKT di UNY dibagi menjadi 7 kategori yang penetapannya dimulai sejak mahasiswa baru memasukkan data ke situs pendataan UKT milik UNY.

Ada pun data-data yang perlu kamu siapkan ketika memasukkan data ke https://ukt.uny.ac.id sebagai berikut :
  • Informasi Keluarga (Jumlah saudara, pendidikan saudara, jumlah anggota keluarga)
  • Informasi Tanggungan Keluarga
  • Informasi Aset Keluarga
  • Informasi Pekerjaan Orang Tua
  • Informasi Penghasilan Orang Tua
Harap diingat, ketika pengisian silahkan isi dengan sejujurnya, jangan sampai hanya karena ingin kulah murah kamu sudah belajar menjadi seorang mahasiswa curang.

Perlu kamu ketahui juga jika UKT di jurusan atau program studi tertentu di UNY berbeda dan kadang nominalnya lebih besar dibandingkan jurusan lain. Contohnya teknik, di UNY jurusan yang berhubungan dengan teknik memiliki biaya kuliah yang lebih mahal ketimbang jurusan lain.

Ini data lengkapnya yang diambil dari situs resmi pmb UNY :

Biaya Kuliah D4 (Sekolah Vokasi) di UNY

Sekolah vokasi merupakan program baru yang dirintis oleh pihak UNY, biaya D4 di UNY menggunakan sistem UKT dan juga memiliki 7 kategori. Kebanyakan jurusan yang ada di sekolah vokasi merupakan dari bidang teknik.

Hal itu membuat biaya kuliah D4 relatif lebih tinggi ketimbang jurusan lain di S1.

Biaya Kuliah D4 di UNY
Sumber : http://pmb.uny.ac.id

Biaya Kuliah S1 di UNY

UKT di program sarjana di UNY bisa dibilang merupakan yang termurah dibandingkan universitas lainnya di kota Yogyakarta. Dari kategori 1 sebesar 500 ribu hingga yang paling mahal kategori 7 dengan nominal 6 jutaan dan ini khusus bagi jurusan teknik


Berikut data lengkapnya :

Biaya Kuliah S1 di UNY
Sumber : http://pmb.uny.ac.id
Bagaimana cara menurunkan UKT di UNY ?

Bagi mahasiswa yang merasa keberatan dengan nominal UKT-nya dan ingin mengajukan penurunan, caranya bisa datang ke gedung rektorat yang ada di UNY bisa menemui biro keuangan yang ada di sana.

Untuk syarat penurunan UKT bisa langsung ditanyakan ke pihak terkait karena sifatnya yang tertutup.

Biaya Kuliah S2 dan S3 di UNY

Selain UKT sarjana terapan dan sarjana, saya juga melampirkan besaran biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil pendidikan magister dan doktor di UNY. Berikut biaya pendidikan S2 dan S3 di UNY mulai dari biaya pendaftaran hingga per semesternya :

Biaya Pendaftaran

BIAYA PENDAFTARAN DAN PENGEMBANGAN FASILITAS FISIK
Sumber : http://pmb.uny.ac.id

Biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)

Berbeda dengan D4 dan S1 yang menggunakan sistem UKT, pada program magister dan doktor di UNY sistem biayaya menggunkan sistem SPP. Berikut SPP yang harus dibayarkan oleh mahasiswa pascasarjana :

Biaya SPP program Magister (S2) di UNY :

BIAYA SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) S2
Sumber : http://pmb.uny.ac.id
Biaya SPP program Doctor (S3) di UNY :

BIAYA SUMBANGAN PEMBINAAN PENDIDIKAN (SPP) S3
Sumber : http://pmb.uny.ac.id

Berapa Biaya Kuliah Jalur Seleksi Mandiri di UNY ?

Pertanyaan seperti di atas sering ditanyakan oleh calon mahasiswa baru, di UNY sendiri ada perbedaan biaya kuliah bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur Seleksi Mandiri dengan yang melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Perbedaannya ada penambahan biaya kuliah bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur SM yaitu Uang Pangkal Pengembangan Akademik atau yang lebih dikenal dengan UPPA.

UPPA artinya biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa dengan jumlah nominal dan pembayaran yang disesuaikan.

Kenapa disesuaikan ? artinya UPPA ini sifatnya merupakan sukarela dan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi mahasiswa, tapi tidak seperti UKT yang ditentukan oleh pihak kampus.

Besaran UPPA ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa baru yang akan mendaftar, ada beberapa pilihan nominal UPPA, yaitu :

☐ Rp0,00 (nol rupiah)
☐ Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah)
☐ Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah)
☐ Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah)
☐ Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah)
☐ Rp……………………..…………….…………….)

Bagi mahasiswa yang memang tidak mampu untuk membayarkan UPPA, bisa mengisi nominal 0 rupiah. Oiya UPPA ini berlaku di semua jalur SM ya, mulai dari prestasi hingga tes tulisnya. Kecuali jalur kerjasama sepertinya tidak, bisa kamu tulis di komentar ya jika tau.

Selain pilihan nominal, pihak Universitas Negeri Yogyakarta juga memberikan beberapa pilihan terkait pebayaran dengan sistem angsuran sebagai berikut :

☐ Satu kali lunas
☐ Diangsur 2 kali (50% dan 50%)
☐ Diangsur 3 kali (50%, 30%, dan 20%)
☐ Diangsur 4 kali (50%, 20%, 20%, dan 10%)

Biasanya batas pembayarannya ada pada tahun di mana mahasiswa mejadi mahasiswa di UNY.

Cara Membayar Biaya Kuliah/UKT di UNY

Cara pembayaran UKT di UNY tidaklah sulit dan mudah karena mahasiswa tidak perlu harus repot-repot datang ke kampus untuk membayarkannya.

Mahasiswa dapat langsung membayarkan UKT per-semesternya ke beberapa bank yang sudah ditunjuk oleh pihak kampus, yaitu bank BTN dan bank BNI di seluruh Indonesia.

Mahasiswa bisa langsung datang ke salah satu bank dan menuju teller, kemudian katakan bahwa akan membayar UKT UNY, jika sudah sebutkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan berikan uangnya ke teller.

Setelah itu mahasiswa akan mendapatkan kode unik untuk melakukan pendaftaran ulang dan agar bisa mengambil sks untuk semester berikutnya.

Mudah sekali bukan ?

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini, silahkan berikan komentar jika ada informasi yang salah mengenai biaya selama kuliah di UNY.

11 Responses to "Update Terbaru Biaya Kuliah UNY 2023 Terlengkap"

  1. Apakah uppa ini sama dengan uang pembangunan?

    BalasHapus
  2. Apakah kita memilih Rp 0 UPPA sehingga tidak perlu membayar UPPA ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, dan uppa di uny tidak mempengaruhi potensi penerimaan

      Hapus
  3. Bagaimana jika kita hanya sanggup 1 juta

    BalasHapus
  4. Kalau uppa dibayar per semester kah,atau cuman sekali aja kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibayarkan 1 kali saja dan bisa menggunakan sistem angsuran. Biasanya dibayar pada semester 1, dan jika menggunakan angsuran bisa sampai semester 2/3

      Hapus
  5. Tapi uang UKT gaakan membengkak kan? Maksudnya kalo jalur mandiri hanya tambahan di UPPA aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk UKT tidak akan naik atau turun ya, karena itu akan berlaku dari maba hingga lulus. Walaupun hanya sedang mengerjakan tugas akhir nominal UKT tetap sama

      Hapus
  6. Rentang waktu yang dikasih buat nyicil uppa brpa lama kak

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel