-->

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023 Versi Ristekdikti

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Menjadi mahasiswa di salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia menjadi harapan bagi semua calon mahasiswa baru di Indonesia. Tapi sayangnya, setiap tahun daftar universitas terbaik di Indonesia selalu berubah.


Dengan membaca artikel ini, kamu bisa mengetahui universitas mana yang masuk ke dalam daftar 10 universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2023. Jadi kamu bisa mulai membuat rencana ke universitas mana yang kamu jadikan tempat belajar.

Artikel ini berdasarkan data yang ada pada laman milik Ristekdikti dan bisa dipercaya kebenarannya. Berikut adalah ulasannya :

1. Institut Teknologi Bandung

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Institut Teknologi Bandung didaulat menjadi Universitas terbaik yang ada di Indonesia pada tahun ini. Mengalahkan UI dan UGM. Institut Teknologi Bandung berdiri dari tahun 1959 dan hingga saat ini terus mempertahankan menjadi salah satu universitas saintek terbaik di Indonesia.

Institut yang lebih dikenal dengan sebutan ITB ini memiliki kualitas sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswanya.

Lingkungan di dalam ITB juga memiliki atmosfir akademik yang pekat dibanding universitas negeri di kota lain. Hal ini saya rasakan sendiri saat saya berkunjung ke ITB setahun silam.

Selain dari kualitasnya, ITB yang berada di Bandung menjadi salah satu alasan mengapa institut ini sangat banyak peminatnya. Selain menjadi kota yang dingin, Bandung juga memiliki sejuta cerita yang bisa kamu rasakan saat mengunjunginya.

2. Universitas Gadjah Mada

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Posisi ke dua ada Universitas Gadjah Mada. Universitas yang ada di kota pelajar ini juga menjadi universitas terbaik di kota Jogja. Semenjak berdiri pada tahun 1949 UGM selalu masuk ke dalam daftar universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Nama Universitas Gadjah Mada juga tidak asing lagi di kawasan Asia Tenggara, jadi jika kamu menjadi salah satu mahasiswa di sana kamu akan sering berpapasan dengan mahasiswa program internasional.

Universitas Gadjah Mada telah memiliki alumni-alumni yang berkualitas dan menjadi tokoh di regional hingga nasional bahkan internasional. Salah satu yang terbaik pada saa ini adalah Presiden Ir. Joko Widodo.

3. Institut Pertanian Bogor

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Institut Pertanian Bogor saat ini menempati posisi ke-3 sebagai universitas terbaik yang ada di Indonesia. Institut Pertanian Bogor juga dikenal dengan nama IPB dan berada di Provinsi Jawa Barat sama seperti ITB.

IPB memiliki kualitas yang baik dalam sistem kuliahnya, selain itu sarana dan prasara di IPB juga dapat menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswanya. Selain masalah akademik, urusan organisasi IPB juga memiliki kualitas baik.

Institut Pertanian Bogor sudah berdiri dari tahun 1963 dan lebih berfokus di bidang agraris. Walaupun begitu, IPB juga memiliki jurusan non agraris jika memang kamu ingin masuk IPB tapi di jurusan non agraris.

4. Institut Teknologi Sepuluh November

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Institut Teknologi Sepuluh November berdiri pada tahun 1957 dan terletak di Sukolilo, Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh November atau yang disingkat ITS berfokus ke pengembangan teknologi dan masuk ke dalam Saintek.

Institut ini terkenal sebagai Institut yang sering memperoleh juara di kompetisi bidang teknologi. Salah satunya adalah pada kompetisi robot di Indonesia. Robot buatan ITS memiliki keunggulan dibanding dengan universitas lainnya.

ITS cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami bidang teknologi entah teknologi informasi maupun robotika sebab memang tidak dipungkiri dalam hal pengembangan teknologi ITS bisa bersaing dengan universitas besar lain di Indonesia.

5. Universitas Indonesia

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Nama Universitas Indonesia tidaklah asing bagi calon mahasiswa baru. Tahun ini Universitas Indonesia berhasil masuk ke 10 besar universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Indonesia atau UI berada di Kota Depok, Jawa Barat. UI memiliki 13 jurusan yang terdiri dari kurang lebih 64 jurusan dari rumpun Saintek dan Soshum yang bisa kamu pilih sesuai minat bakat.

Universitas yang berdiri dari tahun 1849 ini menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Indonesia dan juga menjadi universitas yang memiliki seleksi masuk yang ketat. UI juga sudah menghasilkan banyak alumni hebat seperti Najwa Shihab.

6. Universitas Diponegoro

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti
Dengan masuk ke klaster 1 dan masuk urutan ke-6 universitas terbaik di Indonesia, Universitas Diponegoro pantas jika dinobatkan menjadi universitas terbaik di Semarang bahkan di Provinsi Jawa Tengah.

Undip awalnya universitas swasta saat pertama kali didirikan pada tahun 1956. Namun, pada tahun 1961 Undip menjadi salah satu universitas negeri di Indonesia dan saat ini sudah menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

7. Universitas Airlangga

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Universitas Airlangga di tahun ini berhasil masuk peringkat ke-7 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Universitas yang lebih terkenal dengan sebutan UNAIR ini berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

UNAIR pantas menyandang nama sebagai universitas terbaik di kota Surabaya, pasalnya selain prestasi Universitas Airlangga juga berhasil melahirkan alumni-alumni hebat, seperti Khofifah Indar dan Ari Lasso.

8. Universitas Hasanuddin

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Posisi ke-8 ada Universitas Hasanuddin yang memiliki ciri khas logo dengan kepala ayam. Walaupun berada di pulau yang jauh dari Ibu Kota, yaitu Sulawesi tepatnya berada di Kota Makasar, UNHAS bisa bersaing dengan universitas negeri lain.

UNHAS pertama didirikan pada tanggal 10 September 1956. Saat ini Universitas Hasanuddin memiliki lebih dari 21.000 mahasiswa yang belajar di kampus yang berada di kota makasar itu.

9. Universitas Brawijaya

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Universitas Brawijaya berada di kota Malang, Provinsi Jawa Timur dan menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur. Saat ini Universitas Brawijaya menjadi salah satu universitas yang memiliki persaingan masuk yang ketat.

UNIBRAW atau yang saat ini lebih dikenal dengan singkatan UB didirikan pada tahun 1963 dan terus meraih prestasi dalam berbagai hal hingga saat ini bisa menembus 10 besar universitas terbaik yang ada di Indonesia.

10. Universitas Padjadjaran

10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi Ristekdikti

Posisi terakhir ada Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat dengan sebutan UNPAD. UNPAD didirikan pada tahun 1957 di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

UNPAD menyediakan sarana prasana yang baik dan dapat menunjang kegiatan perkuliahan yang ada di UNPAD. Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa mahasiswa UNPAD banyak yang bisa meraih pretasi.

0 Response to "10 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023 Versi Ristekdikti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel