10 Jurusan Sepi Peminat di UNY dengan Masa Depan Cerah

10 Jurusan Sepi Peminat di UNY dengan Masa Depan Cerah

Yogyakarta selalu menjadi tujuan banya calon mahasiswa baru yang ingin meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi negeri yang banyak dicari calon mahasiswa baru adalah UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).

Namun, persaingan di UNY cukup ketat dan bahkan beberapa jurusan di UNY menjadi yang paling ketat di Indnonesia. Memang karena UNY termasuk sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di kota gudeg, Yogyakarta.

Nah, bagi kamu yang sangat ingin masuk ke UNY tapi takut tidak diterima karena persaingan yang ketat, kamu bisa mencoba untuk masuk di beberapa jurusan yang sepi peminatnya di UNY.

Di artikel ini saya akan memberikan daftar terbaru 10 jurusan sepi peminat di Universitas Negeri Yogyakarta dengan prospek kerja di masa depan yang bagus. Jadi jangan minder dengan 10 jurusan ini, tenang saja peluang kerjanya masih banyak kok.

Apa saja jurusan dengan peminat paling sedikit di UNY ?

1. Pendidikan Kriya

Jurusan yang pertama adalah Pendidikan Kriya, jurusan ini ada di fakultas bahasa dan sastra. Tahun lalu pendaftar di jurusan ini mencapai 280 orang dan yang diterima mencapai 80 orang.

Dengan rincian 24 SNMPTN, 32 SBMPTN, dan 24 Seleksi Mandiri. Kira-kira persentase diterimanya jika mendaftar ke jurusan pendidikan kriya mencapai 25%.

Persentase ini terbilang cukup besar, dibandingkan jurusan lain yang tingkat keketatannya tinggi seperti jurusan manajemen dan pendidikan teknik informatika.

Prospek Kerja
Jika kamu masuk ke jurusan pendidikan kriya, kamu bisa menjadi seorang guru di bidang kerajinan kriya, selain menjadi seorang guru kamu juga bisa menjadi peneliti di bidang kriya dan kriyawan.

Terlebih lagi persaingannya yang kecil membuat pekerjaan impianmu lebih mudah didapat.

2. Pendidikan Seni Tari

Masih di bidang yang sama yaitu kesenian, jurusan kedua adalah pendidikan seni tari. Jurusan seni tari termasuk yang sepi peminat karena tahun lalu pendaftar di jurusan ini hanya 300 orang saja.

Jurusan pendidikan seni tari sudah mendapat akreditasi A dan menerima 80 mahasiswa baru dengan rincian 24 SNMPTN, 32 SBMPTN, dan 24 Seleksi Mandiri. Persentase diterima pun cukup tinggi yakni mencapai 14%.

Prospek Kerja
Prospek kerja jurusan pendidikan seni tari cukup luas dan banyak dibutuhkan. Kamu bisa menjadi Aktor, Guru Tari, Terapis Tari, Direktur Artistik, Administrasi Seni. dan masih banyak lagi profesi yang membutuhkan keahlian menari.

3. Ilmu Keolahragaan

Jurusan ilmu keolahragaan yang berada di fakultas ilmu keolahragaan ini sudah mendapatkan akreditasi A dan banyak alumni UNY yang kini menjadi atlet tim nasional dari jurusan ini.

Walaupun begitu, jurusan ini tahun lalu hanya ada 334 pendaftar saja dan yang diterima sebanyak 42 mahasiswa dengan rincian 12 SNMPTN, 18 SBMPTN, dan 12 Seleksi Mandiri.

Prospek Kerja
Setelah lulus dari jurusan ilmu keolahragaan, kamu bisa bekerja di Instansi pemerintah, swasta, sebagai guru pendidikan jasmani, kesehatan, pelatih olahraga, pembina olahraga rekreasi, instruktur kebugaran, terapi dan rehabilitasi, manajer olahraga, dan perwira karier serta kewirausahaan.

Banyak banget kan ? artinya dengan lapangan kerja yang luas dan persaingan yang sedikit, masa depan lulusan ilmu keolahragaan menjadi cerah.

4. Pendidikan Teknik Elektronika

Jurusan pendidikan teknik elektronika berada di fakultas teknik dan sudah memiliki akreditasi A. Tahun lalu pendaftar di jurusan ini mencapai 393 orang dan memiliki daya tampung 40 mahasiswa atau 1 kelas.

Dengan rincian 12 SNMPTN, 16 SBMPTN, dan 12 Seleksi Mandiri. Jurusan pendidikan teknik elektronika juga menjadi jurusan yang paling sedikit diminati di fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Prospek Kerja
Lulusan dari jurusan pendidikan teknik elektronika bisa menjadi seorang Guru, Pegawai Negeri Sipil, BUMN, Pegawai Swasta, Wirausaha, Bidang Perminyakan dan Pertambangan, Bidang Telekomunikasi, dan di Bidang Kelistrikan.

Tenang saja seorang lulusan dari bidang kelistrikan tidak pernah kekurangan lapangan pekerjaan selama kehidupan sehari-hari kita masih membutuhkan listrik dan perangkat elektronika.

5. PGSD Pendidikan Jasmani

Jurusan yang kelima adalah pendidikan guru sd di bidang jasmani atau yang disingkat menjadi PGSD Pendidikan Jasmani. Jurusan ini berada di fakultas ilmu keolahragaan dan memiliki akreditasi jurusan A.

Tahun lalu jurusan PGSD pendidikan jasmani memiliki animo 455 dengan daya tampung yang cukup banyak hingga 149 mahasiswa dengan rincian 36 SNMPTN, 77 SBMPTN, dan 36 Seleksi Mandiri.

Dengan daya tampung yang sangat banyak, membuat kamu bisa lebih mudah untuk masuk ke jurusan ini.

Prospek Kerja
Sari melihat nama jurusannya pun sudah bisa ditebak jika prospek kerja setelah lulus dari jurusan ini bisa menjadi guru penjas sd. Sangat cocok bagi kamu yang menyukai anak kecil. Selain bisa mendidik, kamu juga bisa bertemu anak-anak hampir setiap hari.

6. Pendidikan Seni Musik

Jurusan yang keenam adalah pendidikan seni musik, jurusan ini memiliki akreditasi B. Tahun lalu total pendaftar di jurusan pendidikan seni musik mencapai 533 dengan daya tampung mencapai 80 mahasiswa atau 2 kelas.

Dengan rincian 24 SNMPTN, 32 SBMPTN, dan 24 Seleksi Mandiri. Dengan persaingan yang hanya di angka 500an dan daya tampung yang banyak membuat peluangmu untuk lolos di jurusan ini cukup tinggi.

Prospek Kerja
Seorang lulusan jurusan pendidikan seni musik jelas bisa menjadi seorang guru musik, bisa juga menjadi musisi, agen musik, audio engineering, aransemen lagu dan manajemen di industri musik.

Apalagi saat ini di Indonesia sedang berusaha untuk memerangi konten bajakan khususnya di industri musik, hal ini tentu saja akan membuat prospek pekerjaan di bidang musik akan semakin baik.

7. Pendidikan Seni Rupa

Jurusan selanjutnya adalah pendidikan seni rupa. Yak betul, jurusan ini juga termasuk dalam jurusan di bidang ilmu seni. Jurusan pendidikan seni rupa di UNY memiliki akreditas B.

Tahun lalu animo pendaftar di jurusan ini mencapai 590 dengan daya tampung 80 mahasiswa yang berasal dari 24 dari SNMPTN, 32 dari SBMPTN, dan 24 dari Seleksi Mandiri.

Prospek Kerja
Di dunia yang kini serba membutuhkan kreativitas branding dari segi visual, membuat masa depan lulusan dari jurusan pendidikan seni rupa sangat cerah.

Seorang lulusan pendidikan seni rupa bisa menjadi seorang guru, illustrator, perancang grafis, komikus, pelukis dan masih banyak lagi.

8. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jurusan selanjutnya yang masuk daftar jurusan dengan peminat paling sedikti di UNY adalah pendidikan kepelatihan olahraga. Jurusan ini sudah memiliki akreditas A yang artinya kualitasnya sudah bagus.

Tahun lalu pendaftar atau animo di jurusan pendidikan kepelatihan olahraga mencapai 599 dengan daya tampung yang sangat banyak hingga 139 mahasiswa dengan rincian 36 SNMPTN, 67 SBMPTN, dan 36 Seleksi Mandiri.

Prospek Kerja
Prospek kerja di jurusan pendidikan kepelatihan olahraga sangat bagus dan banyak yang mencari jasa dari lulusan jurusan ini. Lulusannya bisa menjadi Guru, instruktur kebugaran, juri olahraga.

Beberapa teman saya pun yang ada di jurusan ini belum sampai lulus sudah banyak yang bekerja menjadi terapis atau instruktur di pusat kebugaran.

9. Pendidikan Teknik Elektro

Jurusan selanjutnya yang sepi peminat di UNY adalah pendidikan teknik elektro, tahun lalu animo jurusan ini hanya sekitar 734 mahasiswa saja dengan daya tampung hingga 80 mahasiswa.

Dengan rincian 24 dari SNMPTN, 32 SBMPTN, dan 24 Seleksi Mandiri. Walaupun sepi peminat jurusan ini sudah memiliki akreditasi A dan sering menorehkan juara nasional bahkan internasional. Yang terbaru jurusan ini mengirimkan perwakilannya ke kompetisi robot internasional.

Prospek Kerja
Lulusan dari jurusan pendidikan teknik elektro rasanya tidak perlu khawatir dengan masa depannya, karena lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh industri karena segala hal produksi di industri membutuhkan keahlian elektro.

Pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan jurusan ini ada guru smk, pegawai negeri sipil, pegawai BUMN, bidang perminyakan, bidang otomasi industri, bidang kelistrikan dan bidang pertambangan.

10. Pendidikan Teknik Otomotif

Jurusan yang terakhir adalah pendidikan teknik otomotif, jurusan ini sudah memiliki akreditasi A. Tahun lalu peminat jurusan ini mencapai 846 mahasiswa dan memiliki daya tampung 80 mahasiswa.

Dengan rincian 24 dari SNMPTN, 32 dari SBMPTN, dan 24 dari Seleksi Mandiri.

Prospek Kerja
Lulusan dari pendidikan tekni otomotif memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan. Lulusan dari jurusan ini bisa menjadi guru smk, bekerja di industri otomotif, teknisi, dan operator alat berat.

Sampai sini dulu artikel mengenai daftar jurusan dengan minat paling sedikit di Universitas Negeri Yogyakarta. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

0 Response to "10 Jurusan Sepi Peminat di UNY dengan Masa Depan Cerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel