-->

3 Penyebab Layar HP Blank Putih dan Cara Mengatasinya Paling Efektif

Masahen.com - 3 Penyebab Layar HP Blank Putih dan Cara Mengatasinya Paling Efektif. HP menjadi salah satu benda yang penting untuk dimiliki orang-orang di zaman sekarang. Kendati demikian, HP tak selamanya berfungsi dengan baik setiap hari. Tak jarang ada masalah yang menimpa pengguna HP salah satunya layar menjadi blank putih. Oleh sebab itu, Anda sebagai pengguna HP wajib tahu penyebab layar HP blank putih dan cara mengatasinya paling efektif untuk memaksimalkan penggunaannya.

3-penyebab-layar-hp-blank-putih-dan-cara-mengatasinya-paling-efektif

Namun kondisi seperti itu sebenarnya umum dialami oleh semua pengguna brand ponsel apapun. Tetapi jika ponsel kesayangan Anda tengah mengalami kondisi layar blank putih, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru membawanya ke jasa service. Sebab masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi layar HP blank putih secara mandiri dan tanpa mengeluarkan biaya besar.

Apa Saja Penyebab Layar HP Blank Putih dan Cara Mengatasinya?

Berbicara tentang penyebab layar HP blank putih dan cara mengatasinya, berikut ini ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada ponsel Anda.

1. Terus Mengoperasikan Ponsel Tanpa Henti

Penyebab pertama layar HP menjadi blank putih adalah Anda terus mengoperasikan ponsel tersebut sepanjang waktu. HP yang terus dioperasikan tanpa henti dapat membuat komponennya menjadi panas, sampai overheat. Kondisi tersebut semakin diperparah lagi jika Anda memakainya untuk bermain game yang berat.

2. Kegagalan Saat Loading System

Penyebab lain HP android menjadi blank putih adalah kegagalan sistem ketika melakukan loading. Hal ini bisa terjadi ketika Anda pertama kali menyalakan smartphone android. Mungkin saja terdapat salah satu proses pemuatan yang terlewat sehingga membuat loading sistem kurang lengkap.

3. Crash dalam Sistem Android

Kondisi crash yang terjadi pada sistem android juga bisa menjadi salah satu alasan layar ponsel menjadi blank putih. Crash yang terjadi pada sistem android dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya kesalahan ketika flashing HP. Faktor lainnya yaitu gagal dalam memasang aplikasi tertentu, ponsel terserang malware, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Putih 100% Berhasil

Masih seputar penyebab layar HP blank putih dan cara mengatasinya, berikut ini ada beberapa langkah efektif untuk mengatasi layar HP menjadi blank putih karena alasan-alasan di atas:

1. Matikan dan Diamkan HP

Cara pertama untuk mengatasi masalah layar HP menjadi blank putih adalah mematikan ponsel.

- Jika Anda menggunakan model HP baterai tanam, silahkan matikan ponsel tersebut dengan tekan tombol power sedikit lama hingga layarnya mati.

- Setelah itu, lepas microSD dan SIM Card lalu diamkan selama beberapa menit. Apabila sudah, silahkan pasang kembali dan nyalakan HP.

2. Hapus Cache Sistem

Cara lain untuk mengatasi masalah layar blank putih adalah hapus cache sistem. Untuk langkahnya tergolong sederhana yakni:
- Pertama-tama matikan HP dan nyalakan lagi dengan tekan bersamaan tombol Power, Volume Up, dan Home beberapa detik
- Lepaskan ketiga tombol tersebut kalau HP terasa bergetar, maka Anda masuk ke menu Recovery Mode
- Lalu pilih Wipe Cache atau Clear Cache dan klik Yes
- Jika sudah, kini Anda hanya perlu tekan tombol Reboot System Now, maka HP akan restart otomatis

3. Factory Reset

Cara terakhir adalah dengan melakukan factory reset yang bisa Anda ikuti, yakni:
- Matikan ponsel, lalu tekan bersamaan tombol Volume Up, Power, dan Home
- Saat HP bergetar dan muncul menu Recovery Mode, pilih opsi Factory Reset / Wipe Data
- Setelah itu, tekan di pilihan Reboot System Now

Penutup

Itulah pembahasan seputar beberapa penyebab layar HP blank putih dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Informasi tersebut diharapkan mampu membantu ketika HP dalam kondisi seperti itu.

0 Response to "3 Penyebab Layar HP Blank Putih dan Cara Mengatasinya Paling Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel