-->

3 Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak Dijamin 100% Berhasil

Masahen.com - 3 Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak Dijamin 100% Berhasil. Bagaimana cara memperbaiki power supply komputer yang rusak termudah? Memang kalau power supply komputer dalam kondisi rusak, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah membeli power supply baru. Namun tak perlu risau, sebab ternyata power supply komputer dapat diperbaiki kalau masih memungkinkan. Apalagi jika Anda ternyata baru membeli power supply yang baru.

3-cara-memperbaiki-power-supply-komputer-yang-rusak-dijamin-100-berhasil

Kendati demikian, pastinya memperbaiki komponen elektronik komputer satu ini harus membutuhkan pengetahuan yang dalam. Jika Anda belum belajar pengetahuan dasar tentang power supply komputer, harap jangan terburu-buru memperbaiki bagian tersebut. Sebab bisa saja yang terjadi justru power supply komputer akan bertambah parah atau tidak dapat digunakan sama sekali.

Bagaimana Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak Paling Efektif?

Power supply komputer mengalami kerusakan umumnya disebabkan karena sejumlah hal. Penyebab kerusakan tersebut di antaranya dioda penyearah dalam kondisi putus, sekring dalam keadaan putus, putusnya transistor, resistor mengalami perubahan nilai, kapasitor meledak, IC regulator dalam kondisi rusak atau putus, dan aliran listrik macet. Semua penyebab tersebut bisa menyebabkan power supply komputer lemah dan rusak.

Untuk itu, berikut ada beberapa cara memperbaiki power supply komputer yang rusak paling efektif dan perlu Anda coba sekarang juga :

1. Mengecek Stop Kontak

Jangan terburu-buru menganggap bagian power supply komputer Anda rusak. Sebab bisa saja penyebab power supply komputer tak berfungsi karena tidak adanya power pada komputer, sehingga aliran listrik tak mengalir ke komputer.

Oleh karenanya, silahkan cek stop kontak untuk memastikan bahwa alat tersebut masih dalam kondisi yang baik. Kalau sudah yakin bahwa stop kontak terhubung, jangan lupa periksa kabel listrik ke komputer.

2. Mengganti Elco

Jika cara memperbaiki power supply komputer yang rusak di atas tidak berhasil membuat komponen tersebut bekerja seperti sedia kala, kemungkinan terdapat kerusakan pada bagian elco. Untuk itu, Anda bisa menggantinya dengan elco yang baru. Tak perlu risau sebab caranya tergolong mudah yang dapat dilihat berikut ini.
- Pertama-tama buka CPU komputer dan lepaskan komponen power supply di komputer atau CPU Anda
- Kemudian cari kawat dengan panjang sekitar 5-10 cm dan tes bagian indikator kipas power supply apakah berputar atau tidak. Apabila tidak berputar, maka dipastikan terdapat komponen dalam power supply dalam kondisi rusak
- Lalu buka penutup power supply, dan lihat komponen di dalamnya dengan teliti
- Apabila memang terjadi kerusakan pada elco, maka Anda akan menemukan elco dalam kondisi menggelembung
- Setelah itu, lepaskan elco tadi dari tempatnya dan ganti dengan yang baru
- Sesudah mengganti elco, tes power supply komputer langsung

3. Mengganti Kabel Penghubung di Dalam Power Supply Komputer

Cara terakhir untuk memperbaiki power supply komputer yang rusak adalah dengan mengganti kabel penghubungnya. Untuk caranya bisa Anda simak langsung sebagai berikut:
- Pertama-tama cek kabel listrik power supply komputer secara teratur
- Kemudian buka power supply dan cek di bagian sekeringnya
- Anda bisa menggunakan stabilizer dan kurangi hardware pada komputer yang dipakai
- Cek juga posisi kabel power supply yang menuju CPU apakah dalam kondisi benar atau tidak
- Apabila tidak benar dan tak terdeteksi saat cek, silahkan ganti sesuai urutan sebelumnya

Penutup

Itulah beberapa cara memperbaiki power supply komputer yang rusak terbukti berhasil dan mungkin bisa Anda coba secara mandiri. Apabila semua cara dirasa sudah tidak efektif, sebaiknya Anda mengganti yang baru atau perbaiki di jasa service terpercaya.

0 Response to "3 Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Rusak Dijamin 100% Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel