-->

3 Cara Membuat Invoice di Hp Dengan Mudah Pasti 100% Work

Masahen.com - 3 Cara Membuat Invoice di Hp Dengan Mudah Pasti 100% Work. Bagi para pebisnis, sangat penting memiliki sebuah invoice atau faktur untuk kepentingan pencatatan pembayaran dan transaksi. Karena, di dalam dokumen tersebut tertera berapa total transaksi, tanggal melakukannya, hingga metode pembayaran yang digunakan.

3-cara-membuat-invoice-di-hp-dengan-mudah-pasti-100-work

Invoice merupakan sebuah dokumen atau faktur yang digunakan untuk mengirimkan tagihan kepada pelanggan, setelah melakukan transaksi barang atau jasa yang telah dibeli atau digunakan. Misalnya, seperti jumlah barang atau jasa yang dibeli, harga per item, total biaya, tanggal jatuh tempo pembayaran, serta informasi penting lainnya seperti nama dan alamat penjual dan pembeli. Cara membuat invoice saat ini pun lebih fleksibel dan bisa dilakukan lewat Hp saja.

Biasanya, Invoice dikeluarkan oleh penjual atau penyedia sebuah layanan kepada pelanggan setelah transaksi selesai dalam bentuk secarik kertas maupun tagihan digital. Nah, hal tersebut bertujuan untuk memberikan catatan yang jelas tentang apa yang telah dibeli atau digunakan oleh pelanggan, serta jumlah yang harus dibayarkan.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa invoice (faktur) berbeda dengan nota atau kwitansi pembayaran dalam hal timing serta tujuan penerbitannya. Karena, faktur diterbitkan sebelum konsumen melakukan pembayaran, sedangkan nota kwitansi diterbitkan usai pembayaran diselesaikan. Ada beberapa alasan mengapa seorang pebisnis perlu menggunakan invoice dalam menjalankan bisnisnya, meliputi:

1. Jelas dan Rinci

Saat proses jual beli semua transaksi harus jelas dan rinci. Terlebih jika melakukan pembelian dalam jumlah besar. Ada informasi harga dan jumlah barang /jasa yang perlu ditulis agar pembeli dan penjual sama-sama jelas. Selain itu dalam invoice juga ada tanggal transaksi sehingga jika sewaktu-waktu terdapat kesalahan bisa diselesaikan dengan baik.

2. Banyaknya Jenis Invoice

Ada beberapa jenis Invoice yang ada dalam jual beli. Banyaknya jenis invoice ini bisa disesuaikan dengan niche jualan Anda, mulai dari bisnis berskala kecil, menengah hingga perusahaan. Sehingga Anda bisa memilih jenis invoice yang lebih rinci. Cara membuat invoice menjadi penting karena akan disesuaikan dengan produk dan jenis usaha Anda.
- Invoice penjualan
Invoice penjualan merupakan jenis invoice paling umum digunakan saat menjual barang atau jasa kepada pelanggan. Invoice ini mencantumkan rincian barang atau jasa yang dibeli, harga per itemnya, jumlah, dan total biaya, serta informasi pembayaran lainnya.
- Invoice proforma
Invoice proforma adalah sebuah faktur perkiraan biaya yang diberikan kepada pelanggan, sebelum adanya transaksi sebenarnya akan dilakukan. Invoice jenis ini memberikan gambaran jumlah yang harus dibayarkan, sebelum melakukan pembelian atau pengiriman dilakukan.
- Invoice Konsuler
Invoice konsuler merupakan dokumen penagihan yang dibuat saat melakukan transaksi internasional. Jenis invoice ini digunakan dalam transaksi luar negeri seperti ekspor dan impor.
- Invoice jasa
Invoice jasa adalah faktur jasa digunakan bisnis yang menyediakan layanan. Invoice ini mencantumkan rincian layanan yang disediakan, biaya per jam atau paket, jumlah jam atau sesi, total biaya, dan instruksi pembayaran.
- Invoice berkala
Invoice ini digunakan saat bisnis memiliki langganan atau kontrak berlangganan dengan pelanggan. Mencakup jasa yang disediakan secara berkala, seperti langganan bulanan atau tahunan, dan mencantumkan rincian biaya berulang, tanggal jatuh tempo, serta instruksi pembayaran.

3. Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran

Dalam invoice ada tanggal jatuh tempo pembayaran. Invoice yang Anda buat dapat memberitahu customer kapan mereka harus melakukan pembayaran. Kemudian juga metode pembayaran yang bisa diterima, seperti transfer bank, e-wallet, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Invoice dari Hp

Sebenarnya, dalam pembuatan sebuah invoice tergantung kebutuhan atau preferensi bisnis yang akan Anda jalankan. Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk para pebisnis dalam membuat invoice adalah menggunakan Hp dan melalui sebuah aplikasi. Ada beberapa aplikasi pembuat invoice di Hp yang bisa Anda gunakan, meliputi

1.  Zoho Invoice

Rekomendasi aplikasi pembuat invoice yang pertama adalah Zoho Invoice Cara membuatnya adalah Anda perlu mendownloadnya melalui Play Store kemudian bisa langsung menggunakannya. Ada beberapa template yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan sehingga menjadi lebih menarik dan mudah.

2.  Free Invoice Maker

Selanjutnya ada aplikasi invoice yang sudah dipercaya oleh 500.000 pebisnis yaitu Free invoice maker app. Caranya sama, Anda perlu mendownloadnya di Play Store kemudian menggunakan sesuai yang Anda inginkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda mendapatkan template invoice yang bisa menyesuaikan  brand Anda.

3. Aplikasi Simply Invoice Manager

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi Simply Invoice Manager. Caranya hanya perlu mendownload di Play Store kemudian menggunakannya sesuai rincian invoice Anda. Kelebihan dari Simply Invoice Manager adalah adanya fitur yang membuat hasil pendataan pembelian di bisnis dalam bentuk sebuah tabel. Tabel tersebut menunjukan perkembangan bisnis Anda.

Kesimpulan

Itulah cara membuat invoice dari Hp saja. Anda hanya perlu mendownloadnya melalui Play Store kemudian menggunakannya. Cara di atas cukup simpel, bisa dikerjakan dimana saja bahkan mudah.

0 Response to "3 Cara Membuat Invoice di Hp Dengan Mudah Pasti 100% Work"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel