-->

5 Cara Melihat Arus Lalu Lintas Lewat CCTV Online Terbukti 100% Work

Masahen.com - 5 Cara Melihat Arus Lalu Lintas Lewat CCTV Online Terbukti 100% Work. CCTV di jalan memang sangat penting untuk melihat kondisi real lalu lintas yang ada. Hal ini biasanya sangat dibutuhkan untuk menghindari macet yang saat itu tengah terjadi. Setidaknya waktu dan tenaga, serta bahan bakar akan menjadi lebih efisien ketika mengetahui kondisi real jalanan. Nah, lalu bagaimana caranya?

5-cara-melihat-arus-lalu-lintas-lewat-cctv-online-terbukti-100-work

Banyak yang tidak tahu bahwasannya sebagai masyarakat biasa pun kita bisa melihat arus lalu lintas. Tentunya dengan bantuan seperti aplikasi karena kecanggihan teknologi saat ini. Biasanya hal ini sangat dibutuhkan di saat jalanan sedang macet, seperti mudik hari raya, atau berlibur di hari weekend. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara melihat arus lalu lintas lewat cctv online, ada beberapa cara yang bisa Anda coba seperti penjelasan di bawah ini.

Mengapa Perlu CCTV Online?

CCTV online adalah CCTV yang bisa Anda cek melalui smartphone dari jarak jauh. Alasan mengapa kita perlu mengecek CCTV online adalah untuk memudahkan pengguna memantau keadaan arus lalu lintas dengan sangat sederhana. CCTV ini sudah dukung dengan teknologi wireless atau tidak menggunakan kabel panjang.

CCTV ini bisa digunakan siapapun termasuk jika dibutuhkan pada momentum tertentu seperti mudik atau berlibur. Tentunya Anda perlu memastikan bahwa jaringan internet selalu lancar dan terhubung. CCTV ini berguna memantau secara real-time arus lalu lintas sehingga terhindar dari macet.

Biasanya banyak orang mengecek CCTV online di momen-momen jalanan ramai. Mulai dari arus mudik atau balik perayaan Idul Fitri, natal dan tahun baru, libur saat weekend, libur panjang sekolah dan lain sebagainya. Macet yang berkepanjangan sendiri akan mengganggu aktivitas bahkan menjadikan perjalanan tidak efisien. Untuk itu mengecek CCTV online merupakan salah satu solusi sebelum melakukan perjalanan.

5 Cara Cek CCTV Online Jalan

Cara melihat arus lalu lintas saat ini bisa dilakukan melalui pengecekan CCTV online. Simak berikut ini 5 cara cek CCTV online!

1. Lewat aplikasi Travoy

Aplikasi Travoy merupakan aplikasi khusus yang telah dibuat PT Jasa Marga (Persero) guna memantau arus mudik Lebaran tahun 2023 lalu. Aplikasi ini diberi nama Travoy dikarenakan berisi informasi seputar jalan tol yang ada di Indonesia secara lengkap dan pastinya update secara real time. Cara menggunakan aplikasi ini agar bisa mengetahui arus lalu lintas adalah sebagai berikut!
- Download aplikasi Travoy yang ada pada Google PlayStore ataupun AppStore.
- Buka aplikasi tersebut, dan klik 'CCTV’.
- Pilihlah ruas tol yang ingin dipantau.
- Informasi live CCTV tol akan ditampilkan.

2. Lewat Laman Resmi BPJT

Selain Travoy, ada lagi cara melihat arus lalu lintas tanpa perlu mendownload sebuah aplikasi yakni melalui laman resmi BPJT atau Badan Pengatur Jalan Tol. BPJT adalah lembaga yang berwenang untuk menyelenggarakan jalan Tol di seluruh Indonesia. Berikut ini caranya!
- Kunjungi laman resmi BPJT.
- Scroll ke bawah lali pilih 'CCTV Jalan Tol Indonesia'.
- Klik 'Selengkapnya'.
- Pilihlah CCTV ruas tol yang hendak Anda pantau.
- Informasi live CCTV arus tol akan ditampilkan.

3. Lewat aplikasi Tol Kita

Selanjutnya ada aplikasi yang bisa digunakan juga untuk mengecek arus lalu lintas terkini yakni aplikasi Tol Kita. Simak berikut ini caranya!
- Download aplikasi Tol Kita yang ada pada Google PlayStore ataupun AppStore.
- Buka aplikasi Tol Kita, lalu pilih 'CCTV'.
- Carilah ruas tol yang Anda ingin pantau.
- Informasi live CCTV arus di tol pun akan ditampilkan.

4. Melalui Laman Bina Marga

Cara melihat arus lalu lintas selanjutnya adalah melalui laman resmi PT Jasa Marga (Persero) atau Bina Marga.  Berikut ini langkah-langkah memantau CCTV di jalan tol melalui situs resmi Bina Marga.
- Kunjungi laman resmi Bina Marga.
- Pilihlah menu ‘Siaga Sapta Taruna 2023, Mudik Berkesan’.
- Pada menu informasi pilihlah 'Peta'.
- Klik opsi 'Lokasi CCTV Tol' untuk pantau CCTV arus di tol.
- Informasi live CCTV arus lalu lintas di tol akan ditampilkan.

5. Lewat laman resmi RTTMC

Selanjutnya Anda bisa mengecek arus lalu lintas dengan CCTV online jalan tol lewat situs RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center). Ini merupakan layanan yang disediakan oleh pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat). Cara ceknya adalah:
- Bukalah pada laman resmi RTTMC.
- Pilihlah menu Live ‘CCTV’.
- Pilihlah ruas jalan yang ingin Anda pantau.
- Informasi live CCTV arus lalu lintas akan ditampilkan.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang 5 cara melihat arus lalu lintas lewat cctv online melalui aplikasi maupun tidak. Supaya perjalanan Anda kemanapun terjun dari macet, setidaknya cara di atas cukup membantu. Terlebih di momen-momen arus mudik, arus balik atau berlibur di hari weekend, libur panjang sekolah, natal dan tahun Baru serta lain sebagainya.

0 Response to "5 Cara Melihat Arus Lalu Lintas Lewat CCTV Online Terbukti 100% Work"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel