-->

10 Prospek atau Peluang Kerja Jurusan Manajemen dan Gajinya


Prospek atau peluang kerja jurusan Manajemen sangat luas sekali dan tidak terbatas oleh zaman, oleh karena itu jurusan Manajemen sering menjadi jurusan yang paling banyak diminati.

Bahkan di Universitas Negeri Yogyakarta jurusan manajemen menjadi salah satu yang paling tinggi peminatnya.

Saya akan merangkum 10 prospek atau peluang kerja jurusan Manajemen agar bisa menjadi gambaran awal untuk kamu yang akan mengambil jurusan ini.

Selain merangkum peluang kerja dan prospeknya, saya juga akan memberikan gambaran jumlah gaji yang bisa didapat oleh seorang lulusan jurusan Manajemen.

Secara umum rata-rata gaji awal yang diterima oleh lulusan jurusan Manajemen ada di angka Rp 4.000.000,00. Angka ini bisa menyesuaikan terhadap UMR di setiap daerah masing-masing.

Berikut ini prospek atau peluang kerja jurusan Manajemen dan gajinya :

1. Perencanaan Bisnis Berkelanjutan

Seorang Sarjana lulusan Manajemen memiliki pelung untuk bekerja sebagai perencana bisnis berkelanjutan.

Tugas dari seorang yang bekerja di bagian perencaan bisnis berkelanjutan adalah menyusun strategi bisnis pasca krisis, atau mempertahankan bisnis.

Dengan tanggungjawab yang tinggi dan menguras pikiran, gaji rata-rata seorang yang berprofesi sebagai perencana bisnis berkelanjutan sekitar 5jt - 7jutaan.

2. Manajer Pemasaran

Menjadi seorang manajer pemasaran menuntut kamu untuk bisa menganalisa, mengevaluasi hingga merumuskan sebuah terobosan agar produk yang dihasilkan bisa diterima dan bersaing di pasaran.

Semakin baik dan profesional maka semakin tinggi pula trafik penjualan sebuah produk, oleh karena itu manajer pemasaran harus bisa menyeimbangkan kepuasan pelanggan dengan tujuan perusahaan agar tercipta produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing.

Untuk masalah gaji, seorang manajer pemasaran biasanya mendapatkan gaji sekitar 10jt hingga 13 juta. Angka yang sangat besar bukan ?

3. Tenaga Pendidik (Guru atau Dosen)

Peluang kerja lulusan manajemen yang ke-3 adalah menjadi seorang tenaga pendidik, bisa menjadi guru atau menjadi seorang dosen.

Untuk profesi guru, biasanya lulusan manajemen akan menjadi seorang guru di SMK karena bidang ilmu yang linier sesuai dengan jurusan yang ada di SMK.

Sedangkan untuk menjadi seorang dosen, kamu harus lanjut S2 untuk memenuhi syarat sebagai seorang dosen.

Masalah gaji, tergantung statusnya yang seorang guru honorer, jika guru hononer gajinya sekitar 1 jutaan dan tergantung UMR, sedangkan kalau PNS bisa mendapat 1,5 hingga 5 jutaan tergantung tingkatannya.

Tetapi jika menjadi seorang dosen akan banyak tunjangan yang bakal didapat, apalagi jika kamu sering mengisi seminar atau mengerjakan proyek bersama dosen lain.

4. Bagian Penjualan (Sales)

Bekerja di bagian penjualan merupakan peluang kerja jurusan manajemen yang paling besar.

Menurut website Quipper pekerjaan di bagian penjualan atau sales ini menjadi profesi yang paling dicari oleh perusahaan karena menjadi ujung tombak dari penjualan sebuah produk.

Nah, perihal gaji seorang sales biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 3 hingga 5 juta.

Tapi menjadi seorang sales itu bonusnya banyak, asalah bisa memenuhi target yang telah diberikan oleh Sales Leader.

5. Pegawai Bank

Menjadi pegawai Bank merupakan impian beberapa orang, tak terkecuali lulusan dari jurusan Manajemen.

Tingginya minat lulusan Manajemen untuk menjadi pegawai bank juga dimotivasi oleh tingginya gaji yang ditawarkan.

Gaji yang diterima oleh pegawai bank rata-rata biasanya 4 juta hingga 5 juta, tergantung dengan posisi yang dimasuki.

Ada beberapa posisi yang bisa diambil oleh lulusan manajemen, yaitu Teller, Customer Service, Marketing Staff, Supervisor, Manajer hingga kepala cabang.

6. Bagian Operasional dan Logistik

Bekerja di bagian operasional dan logistik tidak melulu berhubungan dengan barang yang ada di gudang seperti jumlah barang yang masuk dan keluar.

Seseorang lulusan manajemen juga bisa masuk ke bagian ini karena mengurusi strategi penyaluran agar menemukan formula terbaik untuk harga pengiriman yang murah tapi mendapat pelayanan yang maksimal.

Besaran gaji yang di dapat rata-rata 4 juta hingga 7 juta.

7. Manajer SDM

Selain menjadi manajer pemasaran, kamu juga bisa bekerja sebagai manajer SDM, terlebih jika kamu suka berinteraksi dengan orang lain dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Menjadi manajer SDM artinya kamu harus bisa membangun semangat bekerja dan motivasi agar karyawan di perusahaan tempatmu bekerja bisa meningkatkan produktivitasnya.

Gaji yang di dapat dengan menjadi manajer SDM biasanya mencapai belasan juta rupiah tergantung di perusahaan mana kamu bekerja.

8. Wirausaha (Entrepreuner)

Prospek jurusan manajemen yang menurut saya paling menjanjikan adalah menjadi seorang Entrepreuner atau wirausaha.

Seorang yang mengambil jurusan manajemen akan diajar banyak hal terkait bisnis, mulai dari manajemen SDM, Manajemen barang, pemasaran dan lain sebagainya yang sangat mendukung kamu untuk menjadi seorang wirausaha.

Untuk masalah gaji atau pendapatan tergantung seberapa sukses usahamu ya.

9. Market Researcher

Bekerja menjadi market researcher bisa menjadi pilihan menjanjikan bagi seorang lulusan dari jurusan manajemen.

Apalagi jika kamu sangat menyukai perihal data, bisnis, keuangan. Kamu bisa membuat analalisis kondisi pasar dan bisa kamu serahkan ke klien.

Keuntungan bekerja sebagai market researcher adalah bisa bekerja secara freelance karena banyak perusahaan atau pengusaha yang membutuhkan jasa analisis pasar.

Masalah gaji, seorang market researcher bisa mendapatkan gaji sebesar 7 jutaan.

10. Konsultan Bisnis

Sama seperti market researcher, seorang konsultan bisni merupakan profesi yang bebas karena tidak selalu terikat oleh perusahaan.

Keuntungannya lagi, banyak perusahaan besar dalam dan luar negeri yang mencari jasa konsultasn bisnis dan berani menawarkan harga hingga puluhan juga rupiah sekali proyek.

10 Prospek dan Peluang kerja jurusan manajemen di atas bisa menjadi acuanmu dan semoga bisa menjadi motivasimu untuk belajar lebih giat dan semakin mantap untuk masuk ke jurusan manajemen.

0 Response to "10 Prospek atau Peluang Kerja Jurusan Manajemen dan Gajinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel