-->

10 Prospek atau Peluang Kerja Jurusan Psikologi dan Gajinya



Besarnya prospek atau peluang kerja jurusan psikologi membuat jurusan satu ini menjadi cukup terkenal dan menjadi perebutan oleh para calon mahasiswa baru.

Apalagi kini kesadaran masyarakat Indonesia terkait kesehatan mental semakin tinggi.

Jadi semakin membuka peluang kerja jurusan psikologi, dan yang jelas banyak sekali sektor pekerjaan yang membutuhkan jasa dari para lulusan jurusan psikologi.

Pada artikel ini saya akan menuliskan 10 prospek dan peluang kerja bagi lulusan jurusan psikologi beserta gajinya.

Tidak sabar kan ingin tau pekerjaan apa saja yang bisa dimasuki oleh lulusan psikologi ?

Berikut ini ialah beberapa prospek atau peluang kerja jurusan psikologi :

1. HRD (Human Resources Development)

Hampir di setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang HRD, karena HRD ini memiliki tanggungjawab dengan berbagai hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan.

Bekerja menjadi HRD merupakan pekerjaan yang sangat cocok dengan lulusan jurusan psikologi, biasanya HRD merupakan garda terdepan saat perusahaan merekrut karyawan agar bisa mengetahui kepribadian dari calon karyawannya maka peran HRD sangat penting.

Karena memiliki posisi yang vital di perusahaan, oleh karena itu gaji HRD juga tinggi, sekitar 5 juta hingga di atas 10 juta bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman.

2. Konselor

Di sebuah perusahaan konselor bertugas untuk memberikan konseling kepada karyawan, mulai dari mendengarkan masalahnya, hingga membantu mencari jalan keluar agar bisa menjadi produktif kembali.

Selain itu, konselor juga sangat dibutuhkan di LSM untuk menangani berbagai masalah penyimpangan mental anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Seorang konseor juga bisa bekerja secara freelance atau membuka layanan konseling pribadi.

Rentang gaji yang akan didapatkan oleh seorang konselor bervariatif, mulai dari 10 juta hingga di atas 15 juta rupiah.

3. Dosen Psikologi

Sangat jarang seseorang dari jurusan psikologi mau untuk menjadi dosen psikologi, salah satu penyebabnya adalah untuk menjadi seorang dosen psikologi kamu harus lanjut S2 jurusan psikologi dulu.

Tapi keuntungannya, sainganmu akan semakin sedikit dan peluang kerjanya akan semakin luas.

Tunjangan seorang dosen juga relatif tinggi, apalagi jika kamu suka mengisi seminar dan membuat proyek bersama kawan-kawanmu sesama dosen.

Gaji di atas 5 juta bisa kamu dapatkan dengan mudah, karena gaji seorang dosen dihitung dari seberapa banyak kamu mengambil jam mengajar di kelas.

4. Guru Bimbingan Konseling

Prospek kerja jurusan psikologi di bidang pendidikan tidak ada habisnya, selain menjadi dosen, kamu juga bisa menjadi seorang guru BK. Guru yang katanya sih killer.

Sekarang coba pikirkan, ada berapa sekolah di Indonesia ?

Pastinya setiap sekolah akan memiliki layanan bimbingan konseling bukan ?

Artinya menjadi seorang guru BK kesempatannya sangat terbuka lebar bagi lulusan psikologi, tapi kamu juga harus bersaing dengan lulusan dari jurusan pendidikan BK.

Gaji yang akan didapat oleh guru BK tergantung statusnya sebagai guru honorer atau PNS.

5. Trainer

Menjadi traner biasanya bekerja dengan lembaga trainer dan bertugas memberikan pelatihan untuk motivasi dan pengembangan diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih produktif.

Bayaran menjadi trainer sangat bergantung dengan jumlah mengajar dan kelas, artinya jika kamu ingin mendapatkan gaji yang besar maka kamu harus mengajar di beberapa kelas.

6. RND (Research And Development)

Bekerja di bidang RND sangat cocok bagi kamu yang suka terkait penelitian dan pengembangan sebuah produk.

RND memiliki tugas untuk bisa melakukan penelitian terhadap perilaku konsumen, seperti rasa favorit konsumen, waktu belanjar konsumen, ukuran produk yang dipilih dan berbagai hal lain terkait penjualan.

Gaji yang diterima oleh seseorang yang bekerja di bagian RND sekitar 8 juta ke atas.

7. Konselor Karir

Menjadi seorang konselor karir merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena bertemu dengan banyak orang dan bisa membantu mereka menyelesaikan masalah mereka.

Konselor karir bertugas memberikan konseling kepada klien yang sedang mencari pekerjaan, karir, sekolah maupun universitas dengan memperhatikan minat dan bakat, keterampilan, latar belakang pendidikan dan organisasi serta hal lainnya yang berkaitan.

Untuk seorang konselor karir gaji yang didapatsangat dipengaruhi oleh seberapa sulit pekerjaan yang sedang ia terima.

8. Administrator Tes Psikologi

Kini untuk mendaftar kerja, membuat sim atau mendaftar hal lain membutuhkan hasil dari tes psikologi.

Saat ini penyedia layanan tes psikologi semakin banyak di Indonesia, dan tentu saja akan membutuhkan administrator tes psikologi untuk menjadi pengawas, hal ini membuat peluang kerja jurusan psikologi makin besar lho.

Biasanya gaji yang diterima oleh Administrator tes psikologi berkisar di angka 3 jutaan ke atas.

9. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Tugas utama seorang terapis anak berkebutuhan khusus adalah untuk menemani, membantu dan mengawasi anak tersebut.

Seorang terapis anak berkebutuhan khusus diharapkan bisa membantu anak berkembang dengan baik agar bisa menjadi bekal untuk kehidupan bermasyarakat. Pekerjaan ini sangat cocok jika kamu menyukai anak-anak.

Gaji yang didapat tergantung dari seberapa banyak dan sulit anak-anak yang harus ditangani, mulai dari 5 juta hingga bahkan 50 juta untuk menangani 1 anak saja.

Tertarik ?

10. Psikolog

Untuk bisa menjadi psikolog kamu harus S2 psikologi dan wajib mengambil jurusan psikologi klinis. Seorang psikolog bisa bekerja di rumah sakit layaknya dokter umum atau dokter spesialis.

Gaji seorang psikolog bisa dibilang sangat bisa mulai dari belasan juta rupiah hingga tembus ratusan juta rupiah per bulannya.

Prospek dan Peluang kerja jurusan psikologi memang sangat menjanjikan, tapi kamu juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin karna sainganmu juga sangat banyak. Semoga artikel ini membantu dan memberikanmu pertimbangan dalam mengambil sebuah jurusan.

0 Response to "10 Prospek atau Peluang Kerja Jurusan Psikologi dan Gajinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel