-->

Lengkap ! Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Topologi Ring

Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya - Apa yang dimaksud dengan Topologi Ring ? Topologi ring adalah suatu skema, konsep atau aturan yang menghubungkan komputer dalam satu jaringan. Dimana bentuk jaringan ini membentuk titik-titik yang setiap titiknya terhubung ke dua titik lain. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Pada rangkaian topologi ring, titik atau yang biasa disebut node memiliki kegunaan untuk menjadi repeater atau penguat sinyal kepada node di sebelahnya. Hal ini berarti setiap perangkat yang ada di dalam rangkaian akan bekerja sama, untuk saling meneruskan paket data hingga sampai di node tujuan.

Dengan menggunakan topologi ring, memungkinkan setiap node bisa berkomunikasi dengan node lainnya dalam jarak dekat maupun jauh. Artinya setiap node yang ada di topologi ring memiliki kemampuan switching ke segala arah.

Nantinya saya akan menggunakan istilah node untuk menggantikan komputer.

Baca juga : Pengertian Topologi Jaringan Komputer dan Jenisnya

Cara Kerja Topologi Ring

Bagaimana cara kerja topologi ring ? seperti pengertiannya, topologi ring memiliki cara kerja dengan membuat semua komputer yang terhubung di dalam jaringan menjadi repeater atau penguat sinyal bagi komputer di sebelahnya.

Setiap data yang dikirikan akan melewati sebuah alat yang disebut token. Alat terpasang di setiap komputer. Pada saat melewati token, data akan dicek dahulu oleh token, jika data tersebut didibutuhkan pada komputer itu maka token akan mengambilnya. Namun jika ternyata data yang lewat tidak dibutuhkan, maka token akan meneruskan data tersebut ke komputer selanjutnya.

Cara kerja tersebut akan diulang secara terus-menerus hingga data sampai ke komputer tujuan. Berikut adalah cara kerja topologi ring yang sudah saya buat per poin :
  • Setiap komputer akan terhubung dengan dua komputer
  • Setiap data akan melewati komputer selanjutnya dan akan terulang hingga sampai pada komputer tujuan
  • Setiap komputer memiliki alat bernama token untuk menerima dan mengirim sinyal dari komputer sebelum dan sesudah
  • Setiap komputer akan melakukan transmisi ulang setiap ada pesan yang masuk dari komputer sebelumnya, yang kemudian akan dikirim ke komputer selanjutnya
  • Setiap pesan akan berjalan satu arah di sepanjang ring dan pengirimannya bergantian
  • Hanya komputer yang memiliki token yang bisa mengirim pesan ke komputer lain yang ada di dalam jaringan
Cara kerja topologi ring membuat pengiriman data menjadi lebih aman karena data atau pesan hanya bisa dikirim oleh komputer yang memiliki token. Artinya tidak sembarang komputer yang bisa mengirimkan pesan. Hal ini bisa mencegah terjadinya penyebaran virus komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

Setelah membahas pengertian dan cara kerja topologi ring, sekarang saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari topologi ring, berikut poin-poinnya :

Kelebihan Topologi Ring

Topologi ring memiliki beberapa kelebihan yaitu :
  1. Mudah dalam perancangan dan pengiplementasiannya
  2. Biaya instalasi topologi ring tergolong murah dibanding dengan topologi star
  3. Penggunaan topologi ring lebih sedikit
  4. Topologi ring memiliki kelebihan dalam kecepatan dan kualitas transfer data dibandingkan dengan topologi bus meskipun aliran datanya lebih berat
  5. Troubleshooting topologi ring lebih mudah
  6. Pelacakan kerusakan pada topologi ring lebih mudah karena adanya sistem node to node 
  7. Instalasi ulang atau konfigurasi topologi ring tergolong mudah
  8. Mengurangi risiko terjadinya collusion atau tabrakan data karena pengiriman hanya bisa dilakukan satu node. Node selanjutnya baru bisa mengirim jika node sebelumnya sudah menyelesaikan proses pengiriman. Jadi pengiriman data terjadi secara bergantian.

Kekurangan Topologi Ring

Selain memiliki kelebihan yang cukup banyak, topologi ring juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :
  1. Jika satu node bermasalah maka semua node akan terpengaruhi karena node satu dengan node lainnya berada dalam satu jalur. Biasanya hal ini bisa dicegah dengan menggunakan doubel node agar kerusakan tidak mengganggu kinerja node lainnya
  2. Pengembangan topologi ring terkesan kaku, hal ini dipengaruhi oleh, jumlah komputer dan tata letaknya. Karena harus semua rangkaian diinstalasi dan konfigurasi ulang
  3. Membutuhkan penanganan serta pengolahan yang lebih khusus untuk bandles
  4. Kecepatan transfer data dipengaruhi oleh jumlah node, semakin banyak node semakin lambat pula kecepatan transfer datanya
  5. Selain dipengaruhi jumlah node, jarak juga mempengaruhi. Semakin jauh jarah antar node semakin lambat pula kecepatan transfer datanya
Terlepas dari banyaknya kelebihan topologi ring, ternyata topologi ring juga memiliki kekurangan yang cukup banyak. Jadi kamu bisa memilih jenis topologi sesuai dengan kebutuhan.

Penutup

Demikianlah artikel "Lengkap ! Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya" semoga bisa menambah wawasanmu terkait pengertian topologi ring, cara kerja topologi ring, kelebihan dan kekurangannya.

0 Response to "Lengkap ! Pengertian Topologi Ring, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel