-->

Apa itu Topologi Star ? Pengertian, Gambar, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu Topologi Star ? Pengertian, Gambar, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya
Topologi Star - Masahen.com

Pengertian Topologi Star

Apa itu Topologi Star ? Topologi Star adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star). Topologi star mempunyai bentuk seperti bintang/ star, setiap node tersambung secara terpusat pada sebuah perangkat keras Hub atau switch. Hub atau switch yang dipakai untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. 

Prinsip topologi star adalah terpusat,yaitu seluruh komputer terhubung pada satu titik yang biasanya menggunakan switch atau HUB sebagai penghubung dan pengatur lalu lintas datanya agar tidak terjadi collision data atau tabrakan data.

Artinya, kinerja topologi star sangat tergantung dengan HUB atau Switch yang menjadi pusat lalu lintas data. Jika HUB atau switch terjadi suatu kendala atau kerusakan maka semua komputer yang terhubung dengannya akan mengalami kendala juga. Kendala di sini adalah kendala pada arus lalu lintas data atau internet.

Terlepas dari bentuknya, pada saat instalasi topologi star tidaklah selalu berbentu seperti di gambar, namun bisa saja HUB berada di pojok ruangan. Namun tetap terpusat seperti yang saya tuliskan tadi.

Karena prinsipnya terpusat, maka topologi star biasanya digunakan di lab sekolah-sekolah atau perusahaan yang memerlukan olah data terpusat agar datanya bisa diawasi oleh server.

Coba kalau kamu sedang berada di lab sekolah, perhatikan rangkaian jaringan komputer di sana dengan melihat kabel LAN-nya, pasti akan berpusat pada satu alat yang namanya Switch atau HUB.


Cara Kerja Topologi Star

Cara kerja topologi star cukup mudah untuk dimengerti, mudahnya seluruh data haru melalui HUB atau switch terlebih dahulu untuk bisa sampai ke tujuannya,

Contohnya begini, di suatu ruangan ada 3 komputer dan sebuah server, nah ketiga komputer client dan server akan terhubung ke HUB atau Switch yang ada di tengah seperti gambar di bawah. Nantinya Hub atau switch akan merekam dan menyimpan Content Addressable Memory (CAM) pada memorinya. CAM akan menyimpan semua alamat perangkat komputer yang terhubung dengan switch.

Apa itu Topologi Star ? Pengertian, Gambar, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya
Cara kerja topologi star
Sayangnya jika menggunakan HUB sebagai core, alamat setiap komputer tidak akan disimpan di CAM karena HUB tidak mendukung CAM di perangkatnya. Maka dari itu jika menggunakan HUB maka jika komputer A mengirim data ke komputer B, data tersebut harus melalui HUB terlebih dahulu. Kemudian HUB akan memeriksa semua alamat komputer yang terhubung dengannya. Prosedur ini dinamakan Address Resolution Protocol (ARP), dengan cara ini hub dapat menemukan alamat paket yang akan dituju, lalu meneruskannya.

Hal ini akan membuat proses pengiriman data sedikit lebih lama karena HUB harus mencari satu persatu alamat yang terhubung dengannya. Memang jika kita merasakannya tidak akan begitu terlalu terasa, namun beda cerita jika kita mengirim data dalam jumlah yang sangat besar, akan terasa lebih lama.

Maka dari itu sangat disarankan mengganti HUB dengan switch, karena jika komputer A mengirim data ke komputer B, maka switch tinggal mencari alamat komputer tujuannya di CAM.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

1. Kelebihan Topologi Star

  • Instalasi jaringan tergolong mudah
  • Jika satu komputer bermasalah tidak akan mempengaruhi komputer lainnya karena prinsipnya terpusat
  • Mudah mengidentifikasi kerusakan, karena berprinsip terpusat jika semua komputer yang mengalami gangguan artinya switch atau servernya yang bermasalah
  • Perawatan mudah

2. Kekurangan Topologi Star

  • Biaya tergolong mahal karena menggunakan banyak kabel, hal ini karena butuh kabel yang panjang jika lokasi instalasinya luas
  • Jika switch atau HUB rusak maka semua komputer akan terpengaruhi koneksi internetnya
  • Jumlah komputer yang terhubung bergantung kepada jumlah port yang ada di switch atau HUB
  • Jika kecepatan internet server lambat maka semua komputer yang terhubung juga akan lambat.
  • Semakin banyak komputer yang terhubung dengan switch, maka semakin lambat pula kinerja dan kecepatannya. Karena lalu lintas yang pada dapat menurunkan kecepatan transfer
Demikian pembahasan mengenai Apa itu Topologi Star ? Pengertian, Gambar, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya jika ada kesalahan silahkan dikoreksi. Semoga bermanfaat untuk belajar.

0 Response to "Apa itu Topologi Star ? Pengertian, Gambar, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel