-->

Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya

Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya
Sumber Ilustrasi Unsplash
Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya - Selama menggunakan komputer kita pasti akan menggunakan internet juga, karena memang kebutuhan untuk menunjang pekerjaan atau sekadar untuk mencari hiburan dengan cara bermain game online.

Sekali-sekali coba kami pikirkan, bagaimana caranya internet bisa digunakan oleh banyak orang dalam satu waktu, atau bagaimana caranya internet memiliki batas penggunaan seperti halnya saat kamu menggunakan voucher di wifi.id corner. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tadi adalah Router.

Pada artikel kali ini, perangkat keras komputer yang bernama router ini akan dibahas tuntas, mulai dari pengertian router, fungsi atau kegunaan router, cara kerja router hingga jenis router.

Jadi, apa yang dimaksud dengan router ?

Pengertian Router

Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa jenis jaringan yang sama maupun berbeda dari sisi teknologinya dalam satu scope (ruang lingkup; disini bisa dianggap satu jaringan).

Selain pengertian di atas, ada juga pengertian lain mengenai router, seperti berikut:

Router adalah perangkat keras jaringan komputer untuk mengirimkan paket data melalui jaringan lan maupun internet dengan menentukan jalurnya agar sampai ke tujuan. Proses pengalamatan ini disebut dengan istilah routing.


Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya
Router
Bisa disimpulkan Router adalah alat untuk menentukan jalur mana yang akan dilewati paket data saat proses pengiriman terjadi. Jika di dunia nyata, router ibarat kurir barang yang menentukan jalan mana yang harus dilewati agar tidak terjadi kesalahan pengiriman. Bagaimana ? cukup mudah dimengerti bukan ?


Fungsi Router

Agar mudah dipahami dan diingat, fungsi router akan dibuat list dan dijabarkan tiap poinnya, berikut adalah fungsi router:
  1. Router berfungsi untuk menghubungkan jenis jaringan yang sama maupun yang berbeda
  2. Router tidak hanya menghubungkan jaringan lan saja, melainkan bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan wireless atau nirkabel
  3. Membagi dan mendistribusikan alamat IP (internet protocol) baik secara statis maupun secara DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol)
  4. menganalis data yang masuk melalui router dan mengelompokannya kemudian dimasukkan ke tabel routing 
  5. Menghubungkan suatu jaringan local dengan DSL (Digital Subcriber Line) atau yang lebih dikenal dengan istilah DSL routing.
Pada poin nomor 2, tidak semua router support atau bisa menghubungkan jaringan nirkabel, hanya router jenis baru yang support. Sehingga router jenis baru bisa menghubungkan lebih banyak lagi, seperti perangkat IOT, ponsel, laptop, kamera, dan gadget lainnya yang menggunakan internet.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya, artinya router tidak bisa bekerja sendiri, oleh karena itu biasanya router memiliki port kabel lan lebih dari satu, fungsinya adalah menghubungkan komputer server dengan komputer client.
Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya
Routing
Coba perhatikan gambar di atas, ada dua warna bukan ? pc 1 dan pc 2. anggap saja alamat ip yang berwarna merah untuk komputer di ruang kelas A dan alamat ip yang berwarna biru untuk komputer di ruang kelas B. Apa maksudnya ? maksudnya adalah router menetapkan komputer di ruang kelas A semuanya menggunakan alamat ip 192.168.1.x, sedangkan komputer-komputer yang ada di ruang kelas B akan memiliki alamat ip 192.168.2.x.

Huruf X di ip bisa diisi sesuai kebutuhan, misal ada 3 komputer di ruang kelas A artinya ada 3 alamat ip dan x diisi sesuai kebutuhan, seperti ini contohnya:
  • Komputer 1 memiliki alamat ip 192.168.1.2
  • Komputer 2 memiliki alamat ip 192.168.1.3
  • Komputer 3 memiliki alamat ip 192.168.1.4
Kemudian bagaimana dengan komputer di ruang kelas B ? misal ada 3 komputer di ruang kelas B, makan pengalamatan ip masing-masing komputer di ruang kelas B menjadi:
  • Komputer 1 memiliki alamat ip 192.168.2.2
  • Komputer 2 memiliki alamat ip 192.168.2.3
  • Komputer 3 memiliki alamat ip 192.168.2.4
Study case yang dijelaskan di atas merupakan contoh paling sederhana dari cara kerja router, jika ada yang belum dimengerti tanyakan saja di kolom komentar.

Jenis-jenis Router

Router tidak hanya sebuah perangkat keras yang bekerja di jaringan komputer, router juga bisa berbentuk perangkat lunak. Ada 3 jenis router yang saat ini dikenal, mulai dari router yang berbentuk software, router berebntuk hardware, hingga router berbentuk komputer.

Router berbeda dengan routing, Router adalah nama alat sedangkan routing adalah metode.
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis router tadi:

1. Router software adalah jenis router yang bentuknya berupa aplikasi, nantinya dengan menginstall aplikasi itu komputer bisa bekerja selayaknya router, berikut aplikasinya:

  • Winproxy
  • Spygate
  • Winroute
  • Wingate

2. Router hardware adalah jenis router yang banyak digunakan, bentuknya berupa alat atau perangkat keras yang bisa disentuh, biasanya memiliki pigtail dan juga memiliki beberapa port RJ45 untuk lan.

3. Router PC/Komputer adalah jenis router yang menggunakan komputer sebagai medianya. Biasanya komputer yang dijadikan router harus memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, selain itu komputer harus memiliki NIC dan juga menggunakan MikrotikOS sebagai syarat agar bisa menjadi router.

Penutup

Kesimpulan dari artikel Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya adalah router digunakan untuk menentukan jalur yang akan dilalui oleh paket data yang dikirim. Router juga ada 3 jenis yaitu router yang berupa perangkat lunak, router berupa perangkat keras dan router dengan media pc/komputer.

0 Response to "Router : Pengertian, Fungsi, Cara kerja, dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel