-->

Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya

Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya
Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya - Masahen.com
Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya - Setelah dua artikel yang lalu saya menuliskan tentang Pengertian Client Server dan Fungsinya Lengkap serta Pengertian Jaringan Peer To Peer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya.

Kedua artikel di atas sedikit menyenggol mengenai pengertian switch dan HUB, jadi apa yang dimaksud dengan switch ? pengertian HUB, perbedaan switch dan HUB, akan dibahas tuntas di artikel kali ini hingga ke fungsi masing-masing agar kamu bisa mudah memahaminya.

Di dalam dunia jaringan komputer, perangkat keras atau peripheral seperti switch dan HUB menjadi salah satu komponen yang sangat dibutuhkan, apalagi jika kita akan membuat sistem jaringan komputer yang menggunakan jenis jaringan client-server, akan sangat bergantung dengan komponen "penghubung" yang satu ini.

Pembahasan lebih lengkap mengenai pengertian HUB dan switch akan dibahas di sini:


Pengertian Switch dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan hardware switch di jaringan komputer ? Switch adalah salah satu dari beberapa perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah instalasi jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling terkoneksi dan berbagi data. Perangkat keras switch ini bekerja pada OSI layer 2 berada di data link layer, dalam hal ini membuat switch bisa menentukan data mana yang harus didistribusikan.

Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya
Perangkat keras jaringan komputer - Switch

Switch memungkinkan untuk terjadinya distribusi packet data antar komputer dan dapat mengenali topologi jaringan komputer di banyak layer yang membuat packet data bisa langsung dikirim ke target atau tujuan.

Switch memang lebih unggul dari HUB, penggunaan switch juga akan lebih terasa dampaknya jika kamu membuat instalasi jaringan komputer yang kompleks dan melibatkan banyak komputer client.

Selain untuk menghubungkan kabel LAN agar komputer satu dengan lainnya bisa saling berbebagi packet data, ternyata ada beberapa switch yang bisa juga dijadikan sebagai repeater atau penguat sinyal.

Biasanya switch memiliki jumlah port 4,8,12,24, seandainya ada jumlah lain atau kesalahan, silahkan koreksi di kolom komentar.

Pengertian HUB dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan HUB ? Pengertian HUB adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di layer 1, physical layer yang fungsinya hanya sebagai penghubung LAN saja, tidak mengenali alamat MAC pada komputer seperti halnya yang dilakukan oleh switch. Bisa disimpulkan jika HUB adalah versi sederhana dari switch.

HUB hanya sekadar sebagai penghubung yang mendistribusikan packet data ke semua komputer yang terhubung ke HUB, tanpa dipilah terlebih dahulu, hal ini akan membuat kinerja dari pendistribusian data menjadi lebih lambat dan bisa mengakibatkan tabrakan data (collisions). Dari kelemahan itu, membuat HUB kurang disarankan untuk digunakan dalam membangun jaringan komputer yang memiliki skala besar karena akan membebani sistem jaringan itu sendiri.

Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya
HUB
Jika kamu hanya melihat tampilan luarnya saja, cukup sulit untuk membedakan mana switch dan mana yang HUB, jadi sebelum membelinya, saya sarankan kamu membaca deskripsi produk yang ada di kemasan atau di kolom deskripsi jika kamu membeli di situs e-commerce.

Perbedaan Switch dengan HUB

Walaupun keduanya memiliki bentuk yang sama, namun ada beberapa hal yang membedakan antara switch dengan HUB. Berikut adalah perbedaan switch dengan HUB:
  1. Keamanan switch lebih baik ketimbang HUB
  2. Switch bisa menentukan tujuan pengiriman data, HUB hanya sekadar penghubung
  3. Switch memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada HUB
  4. Switch memiliki collisions control di setiap portnya, sedangkan HUB hanya memiliki satu collisions control untuk semua protnya
  5. Harga HUB relatif lebih murah dari switch
  6. HUB akan terbebani jika perangkat yang terhubung banyak, namun switch tidak.

Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya
Contoh penggunaan switch dan HUB

Jika kamu masih bingung mengenai perbedaannya, saya akan memberikan studi kasus di kehidupan nyata yang bisa dilihat di gambar di atas, gambar itu saya ambil dari salah satu video di situs Youtube, jika kamu ingin melihatnya silahkan ke sini.

Dari gambar di atas bisa dilihat jika switch terhubung langsung dengan router, kenapa switch bukannya HUB ? seperti pembahasan di atas tadi, switch bisa menentukan tujuan dari paket yang dikirimkan, nah switch bisa memilih mau dikirim ke HUB, atau dikirim ke komputer. Sedangkan HUB, dia hanya meneruskan saja, tidak bisa memilih komputer mana yang pertama diberi paket, jadi dalam satu waktu semuanya diberi paket yang sama. Sampai sini sudah paham bukan ?

Penutup

Dari pembahasan di atas, bisa saya simpulkan jika switch lebih baik dari HUB, dan tentu saja harganya lebih mahal karena fitur yang ditawarkan juga lebih banyak ketimbang HUB yang hanya bisa menghubungkan dan meneruskan saja. sampai di sini artikel Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya, jika ada salah informasi bisa berikan koreksi di komentar.

0 Response to "Pengertian Switch dan HUB, Serta Perbedaan dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel