Perbedaan =, ==, dan === di PHP

Perbedaan =, ==, dan === di PHP
Sumber: Unplash
Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan programmer dan banyak digunakan untuk membuat situs web besar seperti Facebook. Karena itu PHP menjadi bahasa pemrograman yang banyak dipelajari oleh pemula sebab cukup mudah dipahami dan memiliki komunitas yang besar.

Selama saya mempelajari bahasa pemrograman PHP banyak sekali bertemu dengan error dan syntax yang tidak saya mengerti. Seperti perbedaan tanda =, ==, === di bahasa pemrograman PHP.

Jadi apa perbedaan =, ==, === di PHP ?

Baik saya mulai pembahasannya, ketiga tanda di atas berbeda satu sama lain, tanda = berguna untuk menetukan nilai suatu variabel, sedangkan tanda == dan === adalah tanda yang digunakan pada operator perbandingan.

Tanda = yang hanya satu buah biasanya digunakan untuk mentukan nilai suatu varibel, atau bisa dibilang mengisi variabel dengan nilai tertentu. Berikut Contohnya:



Berbeda dengan tanda =, tanda == dan === berfungsi menjadi operator perbandingan yang biasa digunakan pada perintah if atau if else. Walaupun sama-sama digunakan sebagai operator perbandingan, keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan pada kondisi yang berbeda pula.

Tanda == berfungsi untuk membandingkan 2 variabel atau lebih tanpa memperhatikan jenis nilainya, contoh:
Berbeda dengan ==, tanda === berfungsi untuk membandingkan 2 variabel atau lebih DENGAN memperhatikan jenis nilainya, contoh:



Kesimpulan:

  • = Berfungsi untuk mengisi nilai pada variabel
  • == Berfungsi untuk membandingkan 2 variabel atau lebih tanda memperhatika jenis nilainya
  • === berfungsi untuk membandingkan 2 variabel atau lebih dengan memperhatikan jenis nilainya.

0 Response to "Perbedaan =, ==, dan === di PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel