-->

10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya Terbaru

 

Jurusan Teknik Mesin

Kamu calon mahasiswa yang suka dengan pelajaran matematika dan fisika ? atau sedang mencari jurusan yang teknik banget vibesnya, nah mungkin jurusan Teknik Mesin bisa menjadi pilihan yang bisa kamu coba.

Jurusan yang terkenal dengan solidaritasnya ini memiliki masa depan yang cerah di Indonesia, pasalnya dengan semakin banyak industrialisme di Indonesia secara tidak langsung membuat prospek kerja jurusan Teknik menjadi semakin banyak dan bagus.

Jika kamu penasaran apa saja prospek dari jurusan ini, saya akan membahas mengenai 10 prospek kerja Teknik Mesin dan gajinya di artikel ini. Tentu saja artikel ini tidak bisa menjadi patokan ya, tapi hanya bisa menjadi referensi untuk kamu mempersiapkan karir

Jurusan Teknik Mesin atau yang juga disebut dengan Teknik Mekanika akan mempelajari mengenai prinsi-prinsip yang ada pada pelajaran Fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Ketika kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai mesin dan pengoperasionalnya. Tidak mengherankan di tengah dunia yang serba industri ini jurusan Teknik Mesin menjadi salah satu primadona khususnya kaum adam yang ingin kuliah di rumpun teknik.

Keinginan tersebut juga didukung dengan propspek kerja yang luas dengan gaji yang beragam mulai dari jutaan rupiah hingga belasan juta tergantung pada posisi apa yang diambil.

Jadi pekerjaan apa saja yang bisa menjadi prospek karir lulusan Teknik Mesin ? berikut ini adalah 10 prospek kerja Teknik Mesin beserta gajinya :

1. Spesialis Otomotif

Walaupun seperti belok dari jurusan mesin, namun lulusan Teknik Mesin juga dapat menjadi spesialis otomotif karena masih berhubungan dengan permesinan, apalagi jika masuk ke desain-desain komponen yang ada di mesin otomotif. Tentu saja ini selinier dengan apa yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Mesin.

Tugas lainnya sebagai seorang spesialis otomotif adalah memeriksa kondisi kendaraan agar tetap dalam keadaan prima ketika akan digunakan.

Gaji yang diperoleh sekitar 3-5 juta perbulan.

2. Teknisi Mekanika Radio

Pekerjaan selanjutnya yang bisa menjadi prospek adalah Teknisi Mekanika Radio. Tugas yang didapat jika bekerja di bidang ini adalah mengecek kerusakan pada peralatan radio yang lost signal, memasang sirkuit dan komponen radio, memperbaiki transmisi radio, menguji peralatan radio, dll.

Gaji bekerja sebagai seorang Teknisi Mekanik Radio mencapai 3-6 juta per bulannya.

3. Dosen

Jika kamu suka ilmu permesinan dan bongkar pasang namun tidak suka bekerja di industri, menjadi dosen mungkin bisa menjadi pilihan, dengan catatan kamu harus melanjutkan ke jenjang S2 untuk dapat menjadi Dosen.

Menjadi seorang dosen membuat kamu bisa lebih banyak melakukan penelitian dan mempelajari teori-teori yang ada di dalam ilmu permesinan. Ini pekerjaan yang sangat cocok bagi kamu yang doyan mengulik hal baru.

Gaji menjadi seorang dosen di Indonesia sekitar 5 juta perbulannya dan dengan berbagai tunjangan lainnya sesuai dengan pangkat dan gelar kamu.

4. Guru

Prospek yang keempat adalah menjadi seorang guru, jika kamu suka mengajar, namun sudah tidak mau lanjut S2 atau tidak ingin menjadi dosen. Pilihan menjadi seorang guru mungkin bisa dipikirkan.

Walaupun kamu bukan lulusan Pendidikan Teknik Mesin, tapi untuk menjadi seorang guru pun bisa dari Teknik Mesin murni. Kamu hanya perlu mengikuti program PPG untuk mendukung kamu berkarir menjadi seorang guru.

Profesi seorang guru di Indonesia sendiri bisa memiliki gaji 3 juta perbulannya.

5. Operator Mesin

Profesi selanjutnya adalah operator mesin, pekerjaan ini memiliki tugas untuk memastikan kinerja mesin dan sistem yang ada di pabrik berjalan secara normal dan optimal, selain itu juga harus mengawasi dan memelihara mesin dan sistem.

Pekerjaan sebagai operator mesin biasanya mendapatkan gaji sebesar 2-5 juta perbulannya.

6. Desainer Mekanik

Prospek selanjutnya adalah menjadi desainer mekanik, jika kamu memiliki kemampuan yang cukup baik menggunakan software CAD kamu bisa mencoba bekerja sebagai desainer mekanik.

Desainer mekanik betugas untuk membuat desain mesin sesuai dengan kebutuhan dan permintaan, desain yang dibuat harus sesuai dengan pengukuran yang ada agar mesin yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

Keuntungan bekerja sebagai desainer mekanik adalah kamu bisa bekerja secara freelance dengan menerima proyek dari orang lain.

Gaji yang diterima oleh seorang desainer mekanik setiap bulannya dapat mencapai 5 juta rupiah.

7. Petugas PLN atau Ahli Listrik

Pasti kamu bertanya-tanya memangnya bisa lulusan dari Teknik mesin menjadi ahli listrik ? jawabannya adalah bisa. Bahkan kesempatanmu bekerja sebagai petugas PLN juga terbuka lebar.

Gaji rata-rata seorang tenaga listrik di Indonesia adalah sebesar 4 juta perbulannya.

8. Pengusaha

Kata siapa seorang lulusan Teknik Mesin harus menjadi seorang pekerja. Kamu bisa juga menjadi seorang pengusaha. Bukan seorang pengusaha barang, namun kamu bisa menjadi pengusaha jasa.

Kamu bisa menjual jasa kamu seperti jasa pemotongan besi, las, dan bubut. Jasa seperti itu saat ini banyak dicari oleh orang.

9. Pertambangan Minyak

Tidak hanya lulusan bagi Teknik Perminyakan atau Teknik Pertambangan yang bisa bekerja di industri ini. Namun lulusan dari Teknik Mesin juga bisa bekerja di industri pertambangan minyak.

Seorang ahli mesin di pertambangan minyak harus memastika semua mesin yang digunakan bisa bekerja dengan baik sehingga tidak menghambat proses penambangan. Selain itu seorang ahli mesin di pertambangan minyak juga harus bisa mengidentifikasi kerusakan hingga bisa jadi memperbaikinya.

Bekerja di sektor pertambangan minyak dapat memberikan gaji yang cukup menggiurkan yaitu mencapai 10 juta perbulannya.

10. Spesialis Robotik

Prospek pekerjaan yang terakhir ini cukup terdengar keren dan masing jarang yang ada di Indonesia. Saat ini industri sudah banyak yang mengandalkan robot untuk proses produksinya, oelh karena itu prospek ini sangat terbuka lebar.

Seorang spesialis robot bertugas untuk memecahkan masalah atau menyederhanakan tugas manusia dengan menggunakna robot.

Untuk menjadi seorang spesialis robot, kamu harus mempelajari banyak disiplin ilmu seperti ilmu kelistrikan, permesinan, sensorik, pneumatik, hidrolik, mekanik hingga ilmu komputer. Menjadi spesialis robot juga ada jurusannya tersendiri yaitu Teknik Mekatronika.

Gaji rata-rata seorang spesialis robot bisa mencapai angka 7 juta perbulannya.

Sekian artikel mengenai 10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya Terbaru semoga dapat membantu kamu yang membutuhkan referensi. Jurusan memang bisa membantu mempermudah mendapatkan pekerjaan tapi semua itu tetap ditentukan oleh diri kita. Jadi tetap semangat belajar ya.

0 Response to "10 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gajinya Terbaru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel