-->

Rincian Biaya Kuliah UTDI 2023 Terbaru

 

Logo Universitas Teknologi Digital Indonesia

Universitas Teknologi Digital Indonesia atau UTDI adalah universitas swasta yang ada di Yogyakarta. UTDI diresmikan sebagai universitas pada tahun 2021, sebelumnya universitas ini bernama STMIK Akakom yang didirikan pada 1992.

Universitas Teknologi Digital Indonesia menjadi salah satu universitas di Yogyakarta yang memiliki banyak peminat karena lulusannya yang memiliki kompetensi baik khususnya di bidang komputer.

Agar dapat membantu calon mahasiswa baru mendapatkan informasi terkait biaya kuliah di sini, maka artikel ini akan membahas mengenai biaya kuliah S1 reguler dan S1 kelas karyawan Universitas Teknologi Digital Indonesia.

Berikut ini adalah rincian biaya kuliah Universitas Teknologi Digital Indonesia dilansir dari situs resminya:

Komponen Biaya Pendidikan di UTDI

Biaya kuliah Universitas Teknologi Digital Indonesia yang dibebankan kepada mahasiswa meliputi SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) dan biaya SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan). Kedua biaya tersebut belum termasuk biaya wisuda, sertifikasi dan biayan kegiatan mahasiswa lainnya. Berikut adalah rinciannya:

  1. SPA atau Sumbangan Pengembangan Akademik adalah biaya pendidikan yang dibayar 1x selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur sebanyak 5x dalam 2 semester. Khusus untuk prodi S2 dan program kelas karyawan tidak terdapat komponen biaya ini. Sedangkan SPA untuk mahasiswa alih jalur dan pindahan akan disesuaikan.
  2. SPP dibayarkan per semester. Besaran SPP ini besarnya tetap setiap semesternya dan tidak akan naik selama masa studi normal di UTDI. Khusus untuk program kelas karyawan dan program Magister SPP dibayarkan bulanan.
  3. Biaya aanvullen atau kesetaraan nilai adalah biaya yang harus dibayarkan untuk SKS yang diakui di UTDI bagi mahasiswa alih jalur maupun pindahan dengan besaran Rp 10.000 untuk setiap SKS yang disetarakan.
  4. Biaya kemahasiswaan adalah biaya yang harus dibayarkan bagi mahasiswa alih jalur, Pindahan.

Biaya Kuliah UTDI untuk Mahasiswa Baru

Informasi berikut ini terkait biaya kuliah di Universitas Teknologi Digital Indonesia bagi mahasiswa baru. Berikut rinciannya:

Rincian Biaya Universitas Teknologi Digital Indonesia
(Klik gambar untuk memperbesar)

  1. SPA dibayarkan satu kali selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur sebanyak lima kali dalam dua semester pertama (sekitar satu tahun).
  2. Pembayaran SPP semester 1 dilakukan saat pendaftaran ulang. SPP semester berikutnya dibayarkan sebelum pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Jadwal pembayaran SPP ditentukan oleh kalender akademik yang akan diperoleh mahasiswa saat kuliah perdana.
  3. *) Untuk kelas karyawan tidak ada SPA, SPP dibayarkan bulanan.
  4. **) Khusus S2, biaya adalah biaya paket, dibayarkan bulanan selama masa studi (minimal 18 bulan)

Biaya Kuliah untuk Alih Jalur atau Pindahan

Informasi berikut ini terkait biaya kuliah di Universitas Teknologi Digital Indonesia untuk alih jalur atau pindahan:

Biaya Kuliah untuk Alih Jalur atau Pindahan UTDI
(Klik gambar untuk memperbesar)

Biaya Registrasi Awal Semester

Registrasi awal semester adalah kelanjutan dari seleksi penerimaan mahasiswa baru. Setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima, maka calon diharuskan untuk segera melakukan registrasi sebelum tenggat waktu yang ditentukan berakhir. 

Untuk melakukan registrasi, terdapat beberapa syarat administrasi, salah satunya adalah membayar biaya registrasi awal atau daftar ulang. Sementara syarat dokumen dijelaskan pada bagian selanjutnya. Berikut ini adalah rincian biayanya:

Kelas Reguler

Biaya registrasi awal atau biaya daftar ulang bagi mahasiswa reguler adalah sebesar 10% dari total SPA ditambahkan dengan SPP semester 1.

Biaya Registrasi Awal Semester Kelas Reguler
(Klik gambar untuk memperbesar)

Kelas Karyawan

Khusus untuk kelas karyawan, biaya registrasi awal adalah dengan membayar SPP selama 3 bulan sekaligus untuk bulan Agustus, September dan Oktober yaitu total Rp 3.600.000. Kemudian untuk bulan November dan seterusnya dapat membayarkan SPP bulanan sebesar Rp 1.200.000.

Program Pasca Sarjana

Untuk program magister, pembiayaan dibayarkan dengan ketentuan membayarkan SPP 3 bulan pertama sekaligus.

Catatan:
Untuk mahasiswa alih jalur dan pindahan, pembayaran biaya registrasi awal belum termasuk aanvullen yang besarannya sesuai SKS yang diakui dan biaya kemahasiswaan sebesar Rp 500.000.

Biaya Kuliah Kelas Karyawan UTDI

Biaya kuliah kelas karyawan di Universitas Teknologi Digital Indonesia terdiri dari 2 biaya, yaitu SPP yang dibayarkan setiap bulannya paling lambat pada tanggal 5 dan biaya registrasi per semester. Biaya SPP setiap bulannya sebesar Rp 1.200.000,00

Biaya Kuliah Pascasarjana UTDI

Biaya kuliah pascasarjana di Universitas Teknologi Digital Indonesia meliputi biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- dan biaya kuliah sebesar Rp. 29.000.000,-. Terdapat beberapa pilihan pembayaran yang disediakan, yaitu:
  1. Pembayaran dilakukan per semester
  2. Pembayaran dilakukan per bulan (pembayaran awal sebesar 3 bulan pertama)
  3. Pembayaran dilakukan secara lunas, akan mendapatkan potongan sebesar Rp. 500.000,-

Potongan Biaya Kuliah (SPA)

Potongan biaya pendidikan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik atau non akademik atau bagi calon yang telah memiliki jalur kemitraan dengan UTDI. Potongan diberikan terhadap SPA dengan ketentuan sebagai berikut:

Potongan Biaya Kuliah UTDI (SPA)
(Klik gambar untuk memperbesar)

Skema Pembayaran SPA dan SPP pada Tahun Pertama

Skema pembayaran SPA dan SPP pada tahun pertama terdiri dari 5x angsuran dan timeline pembayarannya. Berikut ini adalah rinciannya:

Skema Pembayaran SPA dan SPP pada Tahun Pertama
(Klik gambar untuk memperbesar)

  1. UKT adalah uang kuliah tunggal (setara dengan SPP)
  2. POT: potongan

Semoga artikel terkait rincian biaya kuliah di UTDI ini bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi lengkap terkait biaya kuliah. Selain biaya kuliah di atas jangan lupa mempersiapkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari di Jogja ya. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain bisa terbantu.

0 Response to "Rincian Biaya Kuliah UTDI 2023 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel