-->

5 Jurusan Sepi Peminat di ISI Yogyakarta 2021 Terbaru

Logo Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Perguruan tinggi negeri atau PTN masih menjadi daya tarik sendiri bagi calon mahasiswa baru di Indonesia, yang membuat PTN selalu menjadi perebutan bagi calon mahasiswa baru, salah satunya adalah Institu Seni Indonesia atu yang lebih dikenal dengan ISI Yogyakarta.

Walaupun persaingan yang kadang terlampau banyak, tapi dengan startegi yang tepat seperti pada artikel saya tentang tips lolos SBMPTN, bisa membuka jalan lebih besar untuk kamu bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Salah satu caranya dengan mengetahui jurusan yang sepi peminat, oleh karena itu pada artikel ini akan disebutkan 5 jurusan sepi peminat di ISI Yogyakarta, dan kamu bisa memilih salah satu dari 5 jurusan itu untuk ditaruh pada pilihan ke dua.

Baca juga Biaya Kuliah ISI Yogyakarta 2021 Terbaru

Data ini saya ambil dari situs resmi ltmpt, jadi bisa dicek kebenarannya. Ini dia daftar 5 jurusan sepi peminat di ISI Yogyakarta terbaru :


1. Seni Pedalangan

Pada tahun lalu Seni Pedalangan di ISI Yogyakarta memiliki peminat sebanyak 11 orang di jalur SBMPTN dengan kuota sebesar 6 mahasiswa. Jurusan Seni Pendalangan ini masih memiliki akreditasi B.

Jurusan Seni Pendalangan mempelajari hal yang sangat spesifik, yaitu perihal-perihal yang mendukung mahasiswa untuk menjadi seorang Dalang, seperti eni pertunjukan wayang tradisional dan konsep dasar pakeliran (instrumen dalam pementasan wayang). Seorang dalang harus dapat membangun isi dari cerita, dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan nilai-nilai kekinian.

Bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, selain nilai UTBK, kamu juga memerlukan portofolio pendalangan yang harus dilampirkan pada saat pendaftaran.

Prospek Kerja Jurusan Seni Pendalangan
Sebenarnya tanpa disebutkan pun sudah jelas prospek kerja jurusan Seni Pendalangan ini akan menjadi seorang Dalang. Namun yang perlu diketahui, selain menjadi dalang, setelah lulus nanti kamu juga bisa menjadi Pengarah Seni dan Kurator Seni.

2. Seni Teater

Jurusan selanjutnya yang masuk ke dalam daftar jurusan sepi peminat di ISI Yogyakarta adalah juruan Seni Teater. Jurusan ini pada SBMPTN tahun lalu memiliki daya tampung sebesar 29 mahasiswa, dan hanya memiliki peminat sebanyak 57 calon mahasiswa baru.

Jurusan Seni Teater sendiri sudah mendapatkan akreditasi B menurut BAN-PT. Di jurusan ini kamu akan mempelajari hal-hal seputar teater seperti seni audio visual, seni pertunjukan, tat rias dan masih banyak lagi.

Sama sepeti jurusan sebelumnya, untuk masuk ke jurusan ini kamu memerlukan portofolio menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam pertunjukkan teater.

Prospek Kerja Jurusan Seni Teater
Setelah lulus dari jurusan Seni Teater, mahasiswa berpeluang untuk menjadi programmer seni teater, sutardara, aktor/aktris film, hingga pegawai di instansi terkait yang berkecimpung di seni dan kebudayaan.

3. ETNOMUSIKOLOGI

Jurusan ETNOMUSIKOLOGI mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang, jurusan ini mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik-musik etnis.

Jurusan yang memiliki akreditasi B dari BAN-PT ini pada SBMPTN tahun lalu diminati sebanyak 58 calon mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 28 mahasiswa. Artinya persentase diterima jurusan ini sekitar 45%, dan itu masih relatif tinggi dengan persaingan yang masih tidak begitu ketat.

Prospek Jurusan ETNOMUSIKOLOGI
Dibandingkan 2 jurusan sebelumnya, jurusan ETNOMUSIKOLOGI lebih banyak variasi profesinya yaitu Ahli Antropologi, Kurator Seni, Pemandu Wisata, Pengarah Seni, Musisi Instumental, Kurator Musik dan masih banyak lagi.

4. Seni Karawitan

Bagi orang Jogja dan sekitarnya, Karawitan bukanlah hal yang asing, nah ternyata ada juga jurusan kuliah yang mempelajarinya. Jurusan Karawitan sendiri di ISI Yogyakarta telah mendapatkan akreditasi B.

Dengan daya tampung 20 mahasiswa, Jurusan Seni Karawitan di tahun lalu diminati sebanyak 60 calon mahasiswa baru. Artinya perbandingan 1 kursi diperebutkan sebanyak 3 mahasiswa dan ini cukup ketat dibandingkan 3 jurusan sebelumnya.

Bagi yang belum tau, di jurusan ini kamu akan mempelajari seni musik tradisional atau seni musik daerah khususnya di Jawa, Madura dan Bali. Selain itu kamu juga akan mempelajari cara memainkan berbagai instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, rabab, gamelan, dan gendang.

Prospek Kerja Jurusan Seni Karawitan
Ada 4 profesi yang bisa kamu jajaki ketika sudah lulus dari jurusan ini yaitu Musik Kompose, Musisi Instrumental, Guru Musk, dan Kuorator Musik. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa bekerja di bidang lainnya.

5. Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

Jurusan terakhir yang masuk ke dalam daftar jurusan sepi peminat ISI Yogyakarta adalah Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik atau yang bisa juga disingkat dengan sebutan Pendidikan Sendratasik.

Jurusan Pendidikan Sendratasik ini mempelajari pengkajian ilmu dengan “meneliti” dan kegiatan penciptaan karya seni dengan “pementasan karya seni. Tahun lalu jurusan ini memiliki daya tampung sebanyak 19 mahasiswa dengan peminat sebanyak 73 orang.

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Jurusan satu ini memiliki banyak sekali pilihan profesi ketika sudah lulus nanti, ada Aktor, Penari, Guru, Sutradara, Koreografer, Terapis Musik, Musisi Instrumental, dan masih banyak lagi profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan Pendidikan Sendratari.

Sampai di sini artikel mengenai 5 Jurusan Sepi Peminat di ISI Yogyakarta 2021 Terbaru semoga bisa membantu kamu menentukan jurusan pilihanmu ketika akan mendaftar di ISI Yogyakarta.

1 Response to "5 Jurusan Sepi Peminat di ISI Yogyakarta 2021 Terbaru"

  1. useful and informative, visit here also a lot of info that adds to
    your knowledge

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel