-->

Cara Memasukan atau Menambahkan Library ke Arduino IDE

Pada artikel sebelumnya mengenai memprogram sensor suhu DHT11 ada yang menanyakan terkait bagaimana caranya memasukkan atau menambahkan library ke Aplikasi Arduino IDE.

Oleh Karena itu, pada artikel kali ini akan membahas terkait 3 cara mudah memasukkan library ke dalam Arduino IDE, Karena ada 3 cara jadi kamu bisa menggunakannya yang paling nyaman dan mudah buatmu.

Tapi, sebelum masuk ke tutorial, apakah kamu tau apa itu library ?

Pengertian Library adalah kode yang telah dikumpulkan untuk mempermudah kita saat menggunakan suatu fungsi sehingga suatu fungsi yang rumit akan terasa mudah. Ada ratusan Library Arduino yang tersedia di Internet yang bisa kita gunakan. Baik itu Library bawaan Arduino IDE ataupun Library yang dibuat sendiri oleh komunitas atau perorangan seperti Adafruit ataupun library yang berceceran di GitHub.

Sebelum memulai tutorial silahkan kamu unduh library yang kamu butuhkan atau siapkan nama untuk library yang akan ditambahkan ke dalam Arduino IDE.

Berikut ini adalah 3 cara memasukan library ke software Arduino IDE :

1. Menambahkan library dengan Manager Library

Cara pertama untuk menambah library di Arduino IDE adalah dengan cara melalui Manager Library. Caranya Buka software Arduino IDE => klik menu sketch => include library => Manage Libraries

Menambahkan library dengan Manager Library
(Klik gambar untuk memperbesar)

Kemudian jendela library manager, di sini kamu bisa melihat daftar library yang tersedia di database dan juga library yang sudah terinstall di Arduino IDE. Pada kesempatan ini saya akan mencoba mencari library RTC, silahkan cari library tersebut di kolom pencarian seperti kotak merah pada gambar di bawah :

Menambahkan library dengan Manager Library
(Klik gambar untuk memperbesar)

Jika library yang kamu cari sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah memilih versi, mengunduh dan juga memasang library tersebut ke dalam Arduino IDE. Tunggu beberapa saat, ketika sudah selesai proses pemasangannya, silahkan cek ke menu include library dan cari library yang telah terpasang tadi.

2. Import file library .zip yang telah diunduh

Pada cara ke dua ini, kamu diharuskan terlebih dahulu untuk mengunduh library yang kamu butuhkan, kamu bisa mencarinya di Google dengan menulis nama library tersebut. Caranya dengan  Buka software Arduino IDE => klik menu sketch => include library => Add .ZIP Library.

Import file library .zip yang telah diunduh
(Klik gambar untuk memperbesar)

Akan muncul jendela untuk memilih file .ZIP library yang telah diunduh tadi. Silahkan cari file .ZIP tadi dan klik OPEN seperti pada gambar di bawah.

Import file library .zip yang telah diunduh
(Klik gambar untuk memperbesar)

Langkah selanjutnya silahkan masuk ke menu sketch => include library dan cek apakah library yang tadi dimasukan telah ada atau tidak. Lihat gambar di bawah, library Adafruit yang saya masukan tadi sudah berhasil.

Import file library .zip yang telah diunduh
(Klik gambar untuk memperbesar)

3. Menambahkan Library secara Manual

Bila kedua cara sebelumnya dianggap terlalu ribet, kamu bisa menambahkan library ke Arduino IDE secara manual dan mudah. Caranya ekstrak file .ZIP hasil unduhan (Klik Kanan pada File ZIP lalu pilih extract to “nama file” ) => copy folder hasil ekstrak => paste ke C:\Users\NamaPC\Documents\Arduino\libraries.

Semua cara di atas pernah saya coba dan hasilnya semua library yang saya tambahkan ke Arduino IDE berhasil ditambahkan. Oleh karena itu silahkan coba salah satu yang dirasa paling cocok.

Jika ada yang belum jelas dan perlu ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.

1 Response to "Cara Memasukan atau Menambahkan Library ke Arduino IDE"

  1. useful and informative, visit here also a lot of info that adds to
    your knowledge

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel