-->

10 Jurusan Sepi Peminat di UIN Sunan Kalijaga Terbaru

 

10 Jurusan Sepi Peminat di UIN Sunan Kalijaga Terbaru

Bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Islam dan berlabel PTN, UIN Sunan Kalijaga yang berada di Jogja menjadi pilihan yang sangat bagus sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Sebagai universitas negeri, peminat UIN Sunan Kalijaga banyak dan menjadi perebutan calon mahasiswa baru. Selain karena berlabel PTN, UIN juga menjadi salah satu PTN dengan biaya kuliah paling murah di Jogja. Pada artikel ini kamu akan mendapatkan informasi terkait jurusan yang sepi peminat di UIN Suka Jogja.

Dengan adanya artikel terkait jurusan sepi peminat di UIN Sunan Kalijaga, diharapkan bisa menjadi pertembanganmu dalam memilih jurusan yang ada di UIN Sunan Kaijaga. Terutama untuk pilihan kedua agar kamu bisa lolos dan diterima di salah satu Universitas Islam Negeri terbaik di Indonesia ini.

Berikut ini adalah jurusan sepi peminat UIN Suka terbaru dengan prospek kerjanya :

1. Pendidikan Fisika

Jurusan Fisika pasti tidak asing di telingamu, karena saat sekolah pun jurusan ini akan ditemui oleh semua pelajar dan untuk beberapa pelajar, Fisika merupakan mata pelajaran yang menjadi momok menyeramkan.

Walaupun begitu, jurusan Pendidikan Fisika tidak semenyeramkan jurusan Fisika murni, karena di dalam jurusan Pendidikan Fisika nanti akan disisipi dengan mata kuliah yang menunjang kamu menjadi guru.

Jadi bagi kamu yang masuk jurusan ini tidak akan sesulit yang kamu bayangkan, selain mempelajari ilmu tentang ruang, waktu dan kejadian dikehidupan sehari-hari, kamu juga akan mempelajari ilmu manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, sosiologi pendidikan, dan masih banyak mata kuliah lainnya.

Untuk yang memilih jurusan ini di UIN Sunan Kalijaga, kamu memiliki kesempatan besar untuk lolos karena pada tahun lalu peminat Pendidikan Fisika sebanyak 34 orang dengan daya tampung sebanyak 28 kursi.

Prospek kerja jurusan Pendidikan Fisika
Sesuai dengan namanya, menjadi lulusan jurusan Pendidikan Fisika tentu kamu bisa menjadi seorang guru SMP, SMK, atau SMA sederajat.

Tapi tenang, selain menjadi guru di tingkat pendidikan menengah, kamu juga bisa menjadi dosen dengan melanjutkan S2, atau kamu juga bisa menjadi ahli fisika.

2. Fisika

Jika sebelumnya adalah Pendidikan Fisika, maka jurusan yang memiliki peminat sedikit selanjutnya adalah jurusan Fisika. Bedanya, jurusan Fisika tidak akan mempelajari mata kuliah untuk menunjang menjadi guru.

Di jurusan Fisika, kamu akan mempelajari terkait gejala alam yang tidak hidup, seperti materi-materi yang melingkupi ruang dan waktu. Gambaran kecilnya seperti yang kamu pelajari di tingkat SMA.

Pada tahun lalu di SBMPTN, peminat jurusan Fisika di UIN Sunan Kalijaga sebanyak 36 dengan daya tampung sebesar 24 kursi, artinya 1 kursi tidak lebih diperebutkan oleh 2 orang, yang membuat peluangmu diterima lebih besar lagi.

Prospek kerja jurusan Fisika
Setelah lulus dari jurusan Fisika, pilihan profesi da karirmu akan sangat luas, seperti menjadi ahli fisika, ahli biofisika, peneliti atmosfir dan luar angkasa, ahli pengolahan bahan bakar, ahli hidrologi dan masih banyak lagi.

Selain itu kamu juga bisa masuk ke industri robotika, karena pembuatan mekanik robotika sangat memerlukan ilmu fisika agar bisa bekerja dengan maksimal, seperti menghitung torsi dan beban.

3. Pendidikan Kimia

Pada tahun lalu peminat jurusan Pendidikan Kimia di UIN Sunan Kalijaga hanya sebesar 44 calon mahasiswa baru di jalur SBMPTN atau yang juga dikenal dengan UTBK. Kesempatan bagi kamu yang memilih jurusan ini sangat besar karena dengan 44 pesaing, jurusan ini bisa menerima 28 mahasiswa baru.

Bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, mereka tidak hanya mempelajari ilmu kimia yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, melainkan juga mempelajari ilmu cara terbaik untuk mengajar kimia, dan bagaimana untuk meningkatkan hasil belajar dengan mengubah metode pengajaran dan pelatihan yang sesuai dalam mengajar kimia.

Prospek kerja jurusan Pendidikan Kimia
Ketika mengambil jurusan ini, setelah lulus nanti kamu akan berkesampatan untuk menjadi guru kimia di berbagai jenjang mulai dari sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah atas. 

Selain menjadi tenaga pendidika, kamu juga akan berkesampatan untuk bekerja di bidang lainnya seperti menjadi peneliti, staff quality control, development, dan productdi industri terkait, bahkan wirausaha.

4. Kimia

Jurusan selanjutnya yang menjadi salah satu jurusan sepi peminat di UIN Suka adalah jurusan Kimia.

Dalam hal popularitas jurusan ini memang tidak jauh beda dengan jurusan fisika karena biasanya menjadi momok bagi pelajar atau mahasiswa sekalipun. Terbukti pada tahun lalu peminat jurusan Kimia di SBMPTN hanya 78 dengan daya tampung 36 mahasiswa baru.

Dengan memilih jurusan ini kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di UIN Suka Jogja. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai struktur, komposisi, dan sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan masih banyak materi lainnya.

Prospek kerja jurusan Kimia
Lulusan jurusan Kimia di Indonesia tergolong memiliki kesempatan yang besar, karena industri di Indonesia yang semakin berkembang, kamu bisa bekerja di bidang industri kesehatan, makanan, kosmetik, manufaktur dan industri lainnya.

Kamu juga bisa memilih profesi, antara lain spesialis kontrol kualitas, peneliti, maupun research and development division.

5. Matematika

Nomor 5 dari daftar jurusan paling sedikit peminatnya di UIN Suka diisi oleh jurusan Matematika. Jurusan ini sudah memiliki akreditasi B yang berarti cukup baik, dan memiliki fasilitas penunjang belajar yang mencukupi pula.

Sayangnya, pada SBMPTN tahun lau peminat jurusan Matematika hanya sebesar 83 orang dengan daya tampung yang disediakan sebesar 36 orang.

Pada jurusan Matematika, mahasiswanya akan mendalami ilmu terkait murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Biasanya pada semester 5 atau 6 akan ada penjurusan atau konsentrasi yang bisa dipilih oleh mahasiswa antara lain tatistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi.

Prospek kerja jurusan Matematika
Di era yang serba digital, data merupakan emas yang sangat berharga, oleh karena itu lulusan jurusan Matematika memiliki prospek kerja yang sangat luas, mereka bisa menjadi data analisis, teknisi data, bidang kecerdasan buatan, aktuaris, penerbit asuransi dan masih banyak prospek lainnya di jurusan Matematika.

6. Biologi

Jurusan Biologi semasa SMP dan SMA pasti menjadi salah satu mata pelajaran favorit dan banyak diambil ketika Ujian Nasional. Karena dianggap lebih mudah ketimbang mata pelajaran lainnya.

Sayangnya, di UIN Sunan Kalijaga, jurusan Biolog tergolong sepi peminat karena dengan daya tampung sebesar 128 hanya diminati oleh 128 calon mahasiswa baru di SBMPTN.

Prospek kerja jurusan Biologi
Karena di sekitar kita banyak mahkluk hidup dan kita membutuhkan mahkluk hidup lainnya untuk bertahan, maka prospek jurusan Biologi tidak ada matinya, setelah lulus kamu bisa menjadi teknisi proses biofuel, ahli biostatistik, ahli biologi, ahli biomedis, teknisi pembangkit biomassa, dan masih banyak lainnya.

7. Pendidikan Biologi

Selanjutnya adalah Jurusan Biologi, di jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana menjadi seorang pendidikan ilmu Biologi, kurang lebih mendalami cara membuat soal-soal, kurikulum, manajemen sekolah, instrumen penilaian, dan hal-hal teknis serta administratif yang berhubungan dengan sekolah.

Jurusan yang memiliki akreditasi B ini, pada tahun lalu memiliki peminat sebanyak 136 orang dengan daya tampung sebesar 28 saja. Hal ini membuat jurusan Pendidikan Biologi paling ketat diantara 6 jurusan tadi.

Prospek jurusan Pendidikan Biologi
Lulusan jurusan Pendidikan Biologi tentu saja akan menjadi seorang tenaga pengajar SD, SMP hingga SMA, bisa juga menjadi pengajar les atau lembaga pendidikan lainnya.

Selain menjadi tenaga pendidik, kamu juga berkesempatan menjadi ahli biologi dan ahli teknik biologi.

8. Pendidikan Matematika

Jurusan sepi peminat selanjutnya masih ada di rumpun saintek dan juga pedidikan, yaitu jurusan Pendidikan Matematika. Di UIN Sunan Kalijaga, jurusan Pedidikan Matematika memiliki akreditasi B.

Jurusan Pendidikan Matematika, akan berfokus untuk mengajarkan mahasiswanya tentang ilmu-ilmu yang mendukung mahasiswanya menjadi seorang guru matematika yang bisa menjadi pendidik berkualitas.

Pada tahun lalu, peminat jurusan Pendidikan Matematika berjumlah 143 dengan daya tampung sebesar 28 saja.

Prospek jurusan Pendidikan Matematika
Jurusan Pendidikan Matematika dibuat agar bisa menghasilkan pendidik matematika yang berkualitas di jenjang SD hingga SMA sederajat. Selain itu bisa juga kamu menjadi pengajar di lembaga pendidikan seperti tempat les.

9. Teknik Industri

Pasti sebagaian dari kamu cukup terkejut dengan jurusan ini, karena cukup berbeda dengan apa yang dibayangkan terkait UIN itu sendiri. Tapi Teknik Industri memang ada di UIN Sunan Kalijaga Jogja.

Jurusan Teknik Industri di UIN Sunan Kalijaga saat ini masih memiliki akreditasi B, dan pada tahun lalu dengan daya tampung sebesar 36, peminat yang ada mencapai 288 orang itu juga hanya di SBMTPN.

Di jurusan Teknik Indsutri kamu tidak akan jauh-jauh dari materi matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik.

Prospek jurusan Teknik Industri
Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan berkesempatan untuk meniti karis menjadi Spesialis Robotik, Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan, Manajer Produksi Industri, Pengajar Teknik, Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri.

10. Sastra Inggris

Sastra Inggris merupakan jurusan terakhir di dalam daftar jurusan sepi peminat di UIN Sunan Kalijaga sekaligus menjadi satu-satunya jurusan di rumpun Saintek.

Memang UIN Sunan Kalijaga Jogja lebih unggul di rumpun Soshumnya, tapi bukan berarti Saintek di UIN tidak bagus, nyatanya ada beberapa jurusan saintek seperti Teknik Informatika yang diminati banyak calon mahasiswa baru.

Sastra Inggris di UIN saat ini memiliki akreditasi B, di jurusan ini kamu akan mempelajari isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra Inggris. Jadi jangan lupa persiapkan kemampuan bahasa inggrismu jika kamu serius akan mengambil jurusan ini.

Pada tahun lalu Sastra Inggris di UIN Suka memiliki 316 peminat dengan daya tampung 40 mahasiswa baru di SBMPTN.

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris
Kuliah di jurusan Sastra Inggris akan memberikan banyak peluang kerja di masa depan seperti menjadi Editor (Artikel/Tulisan), Wartawan, Penulis Puisi, Penulis Lirik, Penulis Kreatif, Penulis Perjalanan, Content Writer, atau bisa juga menulis artikel tentang kuliah dengan bahasa inggris seperti blog ini.

Sampai sini artikel mengenai 10 Jurusan Sepi Peminat di UIN Sunan Kalijaga Terbaru, semoga membantumu dalam menentukan jurusan mana yang akan kamu pilih nantinya di UIN Sunan Kalijaga.

0 Response to "10 Jurusan Sepi Peminat di UIN Sunan Kalijaga Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel