-->

Cara Mendapatkan File Hex di Arduino dengan Mudah

Makin hari saya lihat komunitas Arduino di Indonesia semakin berkembang, hal itu tidak terlepas karena semakin banyak orang yang ingin mempelajari Arduino karena teknologi baru seperti robotika dan juga IOT semakin berkembang setiap harinya.

Untuk orang yang belum memiliki board Arduino, bisa mempelajarinya dengan simulasi di Proteus, nah ketika simulasi ini memerlukan file .hex untuk memprogram rangkaian yang ada di Proteus.

Oleh karena itu saya membuat artikel mengenai cara mendapatkan file hex di Arduino dan bagaimana cara mencari file hex tersebut.

Artikel mengenai cara mencari file hex di Arduino ini tidak terlalu panjang, jadi akan udah diikuti, langsung saja begini caranya :

1. Buka aplikasi Arduino IDE

Saya asumsikan kamu sudah memiliki aplikasinya di laptop atau komputermu, jadi silahkan langsung buka saja aplikasi tersebut.

2. Pilih File

Silahkan klik menu "File" di pojok kiri atas Arduino IDE

klik "file" di pojok kiri atas

3. Pilih Preferences

Selanjutnya pilih menu "Preferences" atau kamu juga bisa menggunakan shortcut "Ctrl+command"

pilih menu "Preferences"

4. Centang Compilation

Langkah selanjutnya, silahkan centang pada pilihan compilation agar file hex nantinya bisa keluar ketika kamu melakukan compile program Arduinomu.

Kamu juga bisa mencentang upload jika kamu ingin file hex keluar ketika kamu melakukan upload programmu ke Arduino board. Jadi silahkan sesuaikan kebutuhan ya, untuk sekarang cukup centang compilation saja.

Centang Compilation

5. Compile Program

Langkah terakhir kamu bisa melakukan compile pada programmu, kemudian silahkan cari file .hex seperti pada gambar di bawah ini :

Compile program

Sampai di sini dulu artikel untuk mendapatkan dan menemukan file hex di Arduino, silahkan tulis di komentar jika ada pertanyaan dan juga jangan lupa bagikan artikel ini jika menurutmu artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Mendapatkan File Hex di Arduino dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel