-->

10 Jurusan Sepi Peminat di UPN Veteran Yogyakarta Terbaru

 Logo UPN Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta baru menjadi universitas dengan status Perguruan Tinggi Nasional pada tahun 2014, artinya belum ada 1 dekade UPN Veteran Yogyakarta berstatus negeri.

Namun, saat ini UPN Veteran Yogyakarta sudah menjadi salah satu PTN paling diminati di kota Jogja bahkan di Indonesia, bahkan di Jogja UPN Veteran berhasil masuk menjadi salah satu universitas terbaik.

Untuk kamu yang ragu masuk UPN Veteran Yogyakarta karena banyaknya peminat, jangan takut, karena di artikel ini akan ada 10 jurusan sepi peminat di UPN Veteran Jogja dengan masa depan yang cerah dan prospek kerja yang bagus.

Ini juga salah satu tips lolos SBMPTN dengan jitu di UPN Jogja atau universitas lainnya, dengan memasukkan di salah satu jurusan pilihanmu dengan jurusan sepi peminat agar peluangmu diterima lebih besar lagi.

Berikut ini adalah jurusan sepi peminat UPN jogja terbaru dengan prospek kerjanya :

1. Metalurgi

Pasti jurusan yang satu ini sangat asing di telingamu kan ?

Memang, jurusan metalurgi masih kalar pamor ketimbang jurusan teknik pertambangan, teknik sipil, teknik mesin dan teknik perminyakan, tapi ternyata jurusan metalurgi saat ini sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh perusahaan lho.

Jurusan Metalurgi adalah jurusan yang mempelajari terkait karakteristik suatu bahan logam, mulai dari sifatnya hingga ke fungsi-fungsi setiap jenis logam untuk kehidupan sehari-hari dan penggunaannya di industri.

Pada tahun lalu jurusan metalurgi menerima 38 mahasiswa dengan peminatnya hanya 496 pendaftar saja.

Prospek Kerja
Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja di berbagai bidang industri, antara lain pada industri otomotif, pertambangan, elektronik, transportasi, penerbangan, bahkan semen dan pupuk.

Kerennya lagi industri-industri di atas adalah industri yang saat ini maju dan dibutuhkan di Indonesia bahkan di dunia.

2. Teknik Geomatika

Jurusan kedua adalah Teknik Geomatika, jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai ilmu seputar geodesi dan segala hal seputar dunia IT. Loh kenapa kok bisa cocok ?

Karena, Teknik Geodesi merupakan jurusan yang menggabungkan ilmu geodesi dan ilmu informatika yang mempelajari bagaimana mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dengan cara mentrasformasi data ke dalam suatu sistem informasi.

Walaupun mempelajari ilmu yang modern dan diperlukan untuk saat ini, namun Teknik Geomatika menjadi salah satu jurusan sepi peminat di UPN Veteran Jogja.

Tahun lalu jurusan Teknik Geomatika hanya ada sekitar 564 peminat saja yang memperebutkan 38 kursi atau kuota yang disediakan oleh pihak Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Prospek Kerja
Seperti yang saya bilang tadi bahwa lulusan Teknik Geomatika banyak dicari dan sangat diperlukan, khususnya di industri perminyakan, pertambangan, kelautan, kontruksi, bahkan menjadi Dosen sekali pun. Bagaimana ? merupakan jurusan yang memiliki masa depan cerah bukan ?

3. Teknik Kimia

Entah mengapa jurusan Teknik Kimia menjadi salah satu jurusan sepi peminat di UPN Jogja, padahal prospek jurusan ini sangat bagus dan di beberapa perguruan tinggi Teknik Kimia cukup tinggi peminatnya.

Pada tahun lalu, Teknik Kimia UPN Veteran Yogyakarta hanya memiliki peminat sebanyak 714, padahal Teknik Kimia sendiri memiliki daya tampung sekitar 80 orang. Bayangkan sebesar apa peluangmu jika masuk jurusan ini.

Jurusan Teknik Kimia berbeda dengan jurusan Kimia murni, di Teknik Kimia kamu akan mempelajari proses dan cara mengubah bahan baku mentah menjadi barang yang dengan nilai guna yang lebih tinggi.

Prospek Kerja
Lulusan jurusan Teknik Kimia bisa bekerja pada banyak bidang, seperti industri semen, industri pupuk, industri polimer, industri pulp dan kertas, industri petrokimia, industri plastik, industri farmasi, industri makanan dan minuman, dan masih banyak lagi, karena hampir seluruh industri membutuhkan lulusan Teknik Kimia.

4. Sistem Informasi

Data ini cukup mengejutkan bagi saya, karena Sistem Informasi di termasuk jurusan dengan peminat paling sedikit di UPN Veteran Yogyakarta, tahun lalu saja peminat jurusan ini hanya ada 815 orang.

Padahal jurusan Sistem Informasi memiliki prospek yang sama gemilangnya dengan Teknik Informatika, malah jika kamu termasuk orang yang kurang paham komputer dan lebih menyukai bisnis, jurusa ini lebih cocok untuk kamu ketimbang Teknik Informatika.

Jurusan Sistem Informasi mempelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang baik dan tepat bagi organisasi atau perusahaan yang ingin membuat aplikasi berbasis website, Android, IOS, dekstop atau aplikasi yang lainnya, jadi kamu tidak akan sering bertemu kode yang rumit-rumit seperti ketika kamu kuliah di Teknik Informatika.

Prospek Kerja
Lulusan jurusan Sistem Informasi bisa bekerja sebagai analisis keamanan software dan juga quality control ataupun maintanance sebuah sistem di perusahaan maupun pabrik. Jika kamu tidak ingin terikat dengan perusahaan, kamu juga bisa bekerja secara freelance.

5. Teknik Geofisika

Jurusan ini dari namanya saja sudah cukup asing dan terkesan sulit, tapi tahukah kamu apa itu jurusan Teknik Geofisika ?

Teknik Geofisika adalah jurusan mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut.

Menjadi salah satu jurusan yang sepi pemint di UPN Jogja, Teknik Geofisika tahun lalu peminat Teknik Geofisika UPN Jogja hanya 857 orang saja dengan daya tampung 45 mahasiswa.

Prospek Kerja
Ketika kamu lulus dari Teknik Geofisika, kamu bisa menempati beberapa jabatan atau profesi seperti Staf BMKG, Peneliti, BUMN, Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral, Perusahaan Tambang, Perusahaan Geothermal, Perusahaan Swasta.

6. Hubungan Masyarakat

Sejak tadi yang menduduki 5 besar jurusan sepi peminat di UPN Veteran Jogja hanya jurusan dengan konsentrasi ilmu SAINTEK saja, nah kali ini merupakan jurusan dari rumpun ilmu SOSHUM.

Jurusan itu merupakan Hubungan Masyarakat, jurusan ini mempelajari mengenai cara untuk menjadi citra baik hubungan perusahaan atau organisasi dengan masyarakat agar bisa meningkatkan kepercayaan.

Pada tahun lalu jurusan Hubungan Masyarakat memiliki daya tampung sebesar 60 mahasiswa, sayangnya peminat jurusan ini rendah, hanya 909 orang saja.

Prospek Kerja
Saat ini banyak sekali perusahaan atau BUMN yang membutuhkan mahasiswa lulusan dari Hubungan Masyarakat untuk menjadi humas, selain itu lulusan jurusan ini bisa berkarir di bidang event organizer, konsultan kehumasan, MC, dan sebagainya.

7. Teknik Geologi

Jurusan sepi peminat di UPN Veteran Jogja adalah Teknik Geologi.

Jurusan ini mempelajari mengenai komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya, selain itu kamu juga akan mempelajari berbagai permasalahan terkait komposisi bumi dan juga belajar untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Tahun lalu, peminat jurusan ini hanya ada 1.004 calon mahasiswa saja, walaupun terlihat lebih banyak dari ke-6 jurusan yang lainnya, namun tetap saja jurusan Teknik Geologi masih termasuk jurusan yang memiliki peminat paling sedikit di UPN Veteran Yogyakarta.

Prospek Kerja
Walaupun banyak yang belum mengetahui jurusan ini, namun prospek kerjanya terbuka lebih, lulusan ini bisa bekerja di perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Adaro, Antam, Kideco, hingga perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum.

Masih kurang juga ?

Baiklah, lulusan jurusan Teknik Geologi pun bisa bekerja di berbagai BUMN, seperti Kementrian Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral, hingga BPPT dan LIPI.

8. Teknik Lingkungan

Masih berhubungan dengan geografi, jurusan kali ini adalah Teknik Lingkungan, wajar saja jurusan ini lebih banyak peminatnya ketimbang Teknik Geologi, karena memang Teknik Lingkungan lebih dikenal oleh calon mahasiswa dan juga sudah tidak asing di telinga masyarakat.

Pada tahun lalu peminat Teknik Lingkungan di UPN Veteran Yogyakarta sekitar 1.053, dengan daya tampung sebesar 63 mahasiswa.

Teknik Lingkungan mempelajari berbagai hal mengenai konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.

Prospek Kerja
Satu hal yang menjadikan Teknik Lingkungan memiliki prospek yang baik dan masa depan cerah karena saat ini lingkungan di Indonesia sudah banyak yang tercemar dan pemerintah mulai gencar mengkampanyekan untuk menjaga lingkungan seperti tidak menggunakan kantong plastik secara berlebihan.

Biasanya seorang lulusan jurusan Teknik Lingkungan akan bekerja di PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang dan masih banyak lagi.

9. Teknik Pertambangan

Salah satu yang cukup mengejutkan dalam daftar 10 jurusan sepi peminat UPN Veteran Yogyakarta adalah masuknya jurusan Teknik Pertambangan.

Padahal jurusan ini cukup banyak dicari karena prospeknya yang sangat cerah, sayangnya peminat jurusan ini hanya 1.080 orang saja dengan daya tampung yang disediakan sekitar 85 mahasiswa.

Artinya kesempatanmu diterima di jurusan ini semakin terbuka lebar.

Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang.

Prospek Kerja
Menjadi seorang lulusan Teknik Pertambangan akan membuatmu memiliki banyak kesempatan bekerja di perusahaan pertambangan, menjadi akademisi, bergabung di instansi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BUMN, dan sebagainya.

Kabar baiknya, beberapa perusahaan terbesar di Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan energi.

10. Ilmu Tanah

Saat ini di Indonesia yang pemerintahnya sedang gencar membangun infrastruktur membuat jurusan Ilmu Tanah semakin banyak dicari karena merekalah yang memegang peranan yang sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Sayangnya masih sedikit orang yang melihat kesempatan emas ini, karena peminat jurusan Ilmu Tanah UPN Veteran Yogyakarta hanya sekitar 1.167 orang saja.

Prospek Kerja
Saya akan menuliskan prospek kerja yang sangat luas, karena lulusan jurusan ini bisa bekerja di Kementerian Pertanian RI, Kehutanan dan Perkebunan RI, Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Kementerian Pekerjaan Umum (khususnya Direktorat Jenderal Pengairan), pemerintah daerah, perusahaan swasta agrokompleks, perusahaan swasta non-agrokompleks, lembaga pengawasan, dosen dan tenaga pengajar, Kementerian Riset dan Teknologi, LIPI, BPPT dan Badan Informasi Geografi.

Tidak selamanya bahwa jurusan dengan animo pendaftar yang sedikit tidak memiliki prospek kerja yang baik, contohnya 10 jurusan sepi peminat di UPN Jogja yang memiliki masa depan cerah.

Jadi gunakan kesempatan ini untuk lolos ke Universitas Pembangunan Nasional Ya.

0 Response to "10 Jurusan Sepi Peminat di UPN Veteran Yogyakarta Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel