-->

Terbaru! 10 Prospek Kerja Manajemen SDM dan Gajinya

Terbaru! 10 Prospek Kerja Manajemen SDM dan Gajinya
Jika kamu sekarang mengambil jurusan Manajemen SDM, selamat ya karena prospek kerja manajemen SDM itu sangat bagus dan luas.

Banyak sekali jenis turunan dari jurusan

Bagaimana tidak luas ? hampir semua perusahaan yang bergerak di segala bidang membutuhkan ilmu manajemen, apalagi manajemen SDM, selama ada karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut artinya perusahaan tersebut pasti membutuhkan para lulusan Manajemen SDM.

Bayangkan seberapa banyak perusahaan dan luasnya prospek kerja Manajemen SDM ini.

Karena memiliki prospek kerja yang luas jadi akan sangat banyak jika dijabarkan satu persatu, oleh karena itu saya hanya akan menuliskan 10 prospek kerja Manajemen Sumber Daya Manusia yang kira-kira memberikan peluang kerja paling besar.

Ini dia 10 prospek kerja Manajemen SDM dan gajinya :

1. Tenaga Pendidik

Salah satu prospek yang paling menjanjikan dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah menjadi seorang tenaga pendidik. SMK dengan jurusan di Indonesia itu berjumlah banyak dan kamu bisa menjadi tenaga pendidik di salah satunya.

Atau jika kamu tidak ingin menjadi guru, kamu bisa lanjut S2 Manajemen untuk menjadi seorang Dosen. Menjadi tenaga pendidik tidak selalu buruk kok, kamu akan bertemu banyak orang baru yang bisa diambil pelajaran hidupnya.

Asalkan kamu menjadi tenaga pendidik yang baik ya entah itu menjadi guru atau dosen.

Biasanya seorang guru akan mendapat gaji sekitar 1-2 juta itu yang non PNS kalau sudah PNS bisa lebih dari itu. Jika dosen gajinya sekitar 3 juta, belum dihitung dengan tunjangan profesi dan lain sebagainya.

2. Hubungan Tenaga Kerja

Tugas bidang hubungan tenaga kerja adalah menjadi jembatan antara pegawai dengan manajemen perusahaan yang meliputi perihal negoisasi gaji, mengkordinasikan prosedur komplain dan lain sebagainya.

Ada beberapa profesi yang bisa kamu coba jika bekerja di bidang hubungan tenaga kerja, seperti Agen Bisnis, Manajer Keluhan, Perwakilan Bisnis, Manajer Hubungan Tenaga Kerja,

Gaji yang diperoleh jika bekerja di bidang ini rata-rata sekita 3,5 juta sampai 5 juta rupiah.

3. Manajer Umum dan Operasional

Tugas seorang manajer umum cukup kompleks, karena ia harus membuat rumusan mengenai kebijakan operasional, pelaksaan hingga persediaan bahan baku dan sumber daya manusianya.

Dengan tanggungjawab sebesar itu, maka tidak salah jika gaji seorang manajer umum dan operasional itu mencapai angka 7.7jt - 11.2jt. Cukup besar bukan ? itu adalah gaji rata-rata jadi tidak menutup kemungkinan akan lebih besar dari itu.

4. Konsultan Imigrasi

Bagi sebagian orang profesi  sebagai konsultan imigrasi masih terdengar asing, namun jangan remehkan prospek dan peluang kerjanya. Menjadi konsultan imigrasi artinya kamu akan bertugas untuk memberi nasihat dan masukan untuk orang yang akan pindah negara, tidak hanya itu kamu juga akan mengurus orang-orang yang bermasalah terkait imigrasi.

Jabatan yang biasanya ada di konsutan imigrasi adalah Staf Kantor Imigrasi, Biro Konsultan Imigrasi,

Selain menjadi peluang kerja bagi lulusan Manajemen SDM, profesi konsultan imigrasi juga bisa menjadi peluang kerja bagi lulusan

Gaji rata-rata orang yang berprofesi sebagai konsultan imigrasi ada di angka 3.9jt - 7jt, dan bisa lebih besar tergantung perusahaan di mana kamu bekerja.

5. Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan

Tugas dari profesi di atas adalah mengadakan program kompensasi dan tunjangan, serta analisis pekerjaan untuk para atasan. Dia bisa mengkhususkan diri di area tertentu, seperti penggolongan jabatan pekerjaan dan program pensiun.

Ada beberapa jabatan di profesi tersebut yang bisa menjadi prospek kerjamu yaitu Analis Kompensasi, Analis Sumber Daya Manusia, Generalis Sumber Daya Manusia, Spesialis Sumber Daya Manusia, Spesialis Pegawai, Administrator Benefit, Analis Tunjangan, dan Manajer Tunjangan.

Gaji seorang Spesialis Kompensasi, Tunjangan, dan Analisa Pekerjaan berkisar ada angka 4 juta hingga 8 juta rupiah.

6. HRD

Berbeda dengan beberapa profesi lainnya yang masih asing di telinga orang-orang, profesi kali ini sangat familiar di telinga orang. Yap, profesi ini adalah HRD.

HRD bertugas untuk menyeleksi para pelamar kerja agar bisa menemukan pekerja yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan di perusahaan, oleh karena itu peran HRD sangat penting dan menjadi prospek kerja Manajemen SDM yang sangat bagus.

Gaji seseorang yang berprofesi sebagai HRD bisa mencapai 5 juta rupiah dengan gaji paling rendahnya sekitar 3 juta rupiah.

7. Manajer Pelatihan dan Pengembangan

Prospek kerja Manajemen SDM yang ke tujuh adalah menjadi seorang manajer pelatihan dan pengembangan. Tugasnya adalah merancang, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan pelatihan dan pengembangan tenaga kerja suatu organisasi.

Dengan peran yang sangat penting tersebut, biasanya seorang manajer pelatihan dan pengembangan rata-rata mendapatkan gaji 5jt - 10jt.

Tren karir dari manajer pelatihan dan pengembangan pun saat ini sedang bagus dan mengalami kenaikan, menjadikan manajer pelatihan dan pengembangan sebagai prospek kerja yang bagus.

8. Manajer Sumber Daya Manusia

Nah, prospek kerja Manajemen SDM kali ini benar-benar linier dengan jurusan karena bekerja sebagai manajer sumber daya manusia.

Tugasnya adalah merencanakan, mengarahkan, melaksanakan dan mengkoordinasi kegiatan dan fungsi-fungsi yang terkait dengan kepegawaian dan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan/organisasi.

Gaji yang diperoleh pun lebih tinggi dibanding profesi-profesi di atas, gaji yang diterima manajer sumber daya manusia rata-rata mencapai 9-12 juta rupiah perbulannya.

Sama seperti manajer pelatihan dan pengembangan, prospek kerja manajer sumber daya manusia saat ini mengalami tren yang terus naik, artinya prospek kerja kedepan akan bagus.

9. Administrasi Kompensasi dan Tunjangan

Kamu suka bekerja di bidang administrasi ?

Maka profesi satu ini sangat cocok untuk kamu, administrasi kompensasi dan tunjangan yang bertanggungjawab dalam merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengatur gaji, bonus, serta paket tunjangan untuk pegawai sebuah perusahaan.

Jadi kamu dituntut untuk bisa menilai seseorang secara objektif sesuai kapasitas dan kualitasnya sebagai seorang karyawan.

Gaji rata-rata profesi administrasi kompensasi dan tunjangan ada di angka 5.5jt - 10jt.

10. Asesor

Prospek kerja manajemen SDM yang terakhir adalah menjadi seorang Asesor.

Asesor bertugas untuk Melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja pegawai sesuai dengan metode yang diterapkan perusahaan.

Tapi biasanya bekerja sebagai Asesor itu tidak menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan, tapi lebih ke pekerja lepas atau

Gaji rata-rata seorang yang bekerja sebagai Asesor adalah 4.5jt - 7.9jt.

Sekian artikel mengenai 10 prospek kerja Manajemen SDM beserta gaji yang diperoleh, semoga membantumu dalam menentukan jurusan yang bisa mengubah masa depanmu.

Silahkan berkomentar jika ada yang perlu ditanyakan atau dikritik, dan bagikan artikel ini jika dirasa memberikan manfaat.

14 Responses to "Terbaru! 10 Prospek Kerja Manajemen SDM dan Gajinya"

  1. Bisa masuk di semua perusahaan dan kantor kantor pemerintahan

    BalasHapus
  2. Apakah jurusan manajemen SDM bisa bekerja di instansi Pemda kak??

    BalasHapus
  3. Apakah lulusan manajemen SDM kerjanya bisa setara dengan manajemen bisnis? Seperti kerja di marketing,kepariwisataan,dll

    BalasHapus
  4. Oh berbeda bidang gimana kak mksdnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jelas berbeda yg satu bisnis yg satu berkaitan sm orang, yg nempatin potensi maksimal dari setiap karyawannya

      Hapus
  5. Apakah lulusan manajemen SDM bisa bekerja di bidang SDA, IPTEK maupun bidang pariwisata, industri dan perdagangan?
    Mohon penjelasanya, Terima kasih🙏🏻

    BalasHapus
  6. useful and informative, visit here also a lot of info that adds to
    your knowledge

    BalasHapus
  7. Kak apa lulusan manajemen SDM bisa masuk perusahaan seperti PT baru bara atau semacamnya

    BalasHapus
  8. kalau jurusan sdm apakah bisa masuk di pns polri atau lapas?

    BalasHapus
  9. Apakah jurusan MSDM bisa menjadi sebagai tenaga kependidikan ? Lalu, program studi apa kira kira yang linier ?

    BalasHapus
  10. untuk menjadi tenaga kependidikan di tingkat perguruan tinggi bisa masuk ke Jurusan Manajemen dan akan mengajar pada kelas konsentrasi atau penjuruannya, namun untuk tingkat sekolah menengah atas sederajat saya rasa masih belum ada yg satu linier

    BalasHapus
  11. Apa sdm bisa menjadi adminstrasi bagian keuangan ?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel