-->

Terbaru! 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Terbaru! 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Prospek kerja hubungan internasional terbuka lebar dan selalu dibutuhkan, nah pada artikel ini akan dibahas prospek kerja dan gajinya. Agar bisa membantumu untuk memilih jurusan impian.

Setelah kemarin membahas prospek kerja jurusan soshum yang lain yaitu manajemen, sekarang akan dibahas prospek kerja hubungan internasional.

Sebenarnya ada lebih dari 10 peluang kerja jurusan hubungan internasional, tapi akan saya berikan yang memiliki peluang kerja paling besar saja beserta gaji yang kemungkinan akan di dapatkan jika bekerja di bidang tersebut.

Ini dia 10 prospek atau peluang kerja hubungan internasional beserta gajinya :

1. Politisi

Jurusan Hubungan internasional tidak bisa dilepaskan dengan dunia politik, karena isu-isu strategis seperti ekonomi, kestabilan negara, perdagangan, kesehatan antar dunia tidak lepas dari peran politik.

Jangan lupa untuk bisa menjadi seorang politisi yang baik dan jujur serta ingat bahwa kamu bekerja untuk rakyat dan negara, dan yang terpenting jangan korupsi ya karena gajimu sudah tinggi.

Seorang politikus biasanya mendapat gaji dari 11 juta hingga 45 juta tergantung posisi kamu. Oya, jangan lupa juga tunjangan yang di dapatkan ya.

Seorang lulusan hubungan internasional yang terjun ke politik ada retno marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Prospek kerja ke-2 ini cocok untuk kamu yang tidak suka mengambil risiko di dalam hidup dan ingin hidup dengan nyaman.

Setelah lulus dari hubungan internasional kamu bisa ikut CPNS dan mengambil  formasi di kementerian dalam negeri atau di kementerian yang lain.

Karena kementerian lain pun pasti berhubungan dengan lembaga kemanusian untuk sekadar saling bertukar informasi atau bekerja sama walaupun nanti biasanya akan ditengahi oleh kementerian luar negeri.

Gaji seorang PNS cukup menggiurkan, sekitar 4-8 juta, walaupun terkesan kecil jika di Jakarta tapi masih ada tunjangannya yang akan membantu kehidupanmu di kemudian hari.

Apalagi seorang PNS katanya idaman mertua kan.

3. Jurnalis

Jika kamu seorang lulusan jurusan HI, maka prospek kerja di bagian jurnalis sangat terbuka lebar. Di bangku kuliah kamu akan mendapatkan bekal untuk menjadi seorang jurnalis profesional seperti ilmu komunikasi, diplomasi dsb.

Keuntungan yang didapat jika kamu bekerja sebagai jurnalis, kamu bisa jalan-jalan ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri dengan gratis.

Untuk gaji, seorang jurnalis pemula mendapat gaji rata-rata 3 juta rupiah dan bakal naik terus sesuai kinerjamu.

4. Diplomat

Profesi diplomat menjadi impian sebagian besar mahasiswa hubungan internasional, karena bisa jalan-jalan dengan gratis ke luar negeri.

Seorang diplomat memiliki tugas untuk mewakili negara untuk urusan di luar negeri seperti kerjasama di sektor ekonomi, pendidikan, kemanusian, keamanan dan militer, perdagangan dan yang lainnya.

Gajinya juga tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai angka belasan juta rupiah ditambah dengan pergi ke luar negeri gratis.

5. International Officer

Peluang kerja hubungan internasional memang tidak jauh-jauh dari hal-hal berbau internasional.

Setelah lulus nanti kamu bisa mendaftarkan diri di international officer, bisa di kedutaan besar Indonesia atau bisa di kementerian luar negeri.

Gajinya cukup menarik dan bikin dompet tebal yaitu mulai dari 5 juta hingga belasan juta rupiah.

6. Eksportir

Jika kamu juga menyukai dunia jual beli, kamu bisa menjadi eksportir. Seorang eksportir memiliki tugas untuk menjual barang ke luar negeri dan harus menonjolkan kelebihan dari produknya.

Menjadi seorang eksportir juga harus mengerti kebutuhan pasar internasional, kondisinya, arah persaingan hingga kondisi pelanggan yang ada di negara lain.

Gaji rata-rata seorang eksportir antara 3-5 juta rupiah, bisa juga lebih dari itu dan mencapai belasan juta tergantung kinerja dan prestasimu.

7. Pengusaha

Jika Kamu mempunyai passion berbisnis maka Kamu dapat memilih untuk bekerja sebagai pengusaha. Sebagai pengusaha nanti Kamu bisa mendapatkan dengan gaji yang tidak terbatas.

8. Konsultan Internasional

Setelah lulus nanti Kamu dapat bekerja sebagai konsultan internasional di suatu perusahaan. Gaji yang bisa Kamu dapat bisa mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.

9. Dosen

Prospek kerja hubungan internasional yang sering dilirik adalah menjadi dosen. Banyak mahasiswa yang ingin mengajar sebagai dosen karena memang sudah cita-cita mulia.

Untuk bisa menjadi seorang dosen, syaratnya harus lulusan dari pascasarjana atau minimal s2. Kamu bisa mulai belajar mengajar saat di kuliah dengan menjadi asisten dosen.

Gaji yang diterima seseorang dengan profesi dosen biasanya sekitar 5 jutaan ke atas.

10. Arsiparis

Terdengar asing ? sama sih.

Arsiparis merupakan sebutan seseorang yang bertugas mengelola arsip dinamis dan arsip statis, pembinaan kearsipan, serta pengelolaan dan penyajian arsip menjadi informasi.

Arsip yang tidak dirawat dan dijaga dengan baik akan menjadi rusak dan bisa berdampak besar jika arsip yang rusak merupakan arsip penting.

Gaji seorang arsipan mulai dari 3 juta rupiah.

Sekian artikel mengenai prospek kerja hubungan internasional, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang kamu butuhkan ya.

23 Responses to "Terbaru! 10 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya"

  1. Jurnalis, Pengusaha, Eksportir paling digemari banyak orang, kalo politisi atau diplomatik kayanya harus ada imbalan balik jika targetnya tercapai, apalagi kalo sampai-sampai masuk ke Jurang Hitam, bisa berabeh....

    BalasHapus
  2. wah sesuai hobiku nih kalau jurnalistik, semoga kedepannya miminnya akan mendapatkan manfaat dari artikelnya #Amin :)

    BalasHapus
  3. PNS masih menjadi pilihan mayoritas kaum intelektual saat ini. Walaupun cara mendapatkannya terbilang susah payah bagi orang biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. data dari mana mas yg menyatakan menjadi mayoritas pilihan kaum intelektual ?

      Hapus
  4. Btw gan kalo yang biasanya organisasi MUN gitu2 nantinya bakal masuk profesi yang mana ya? Soalnya saya amatin cukup banyak mahasiswa yg tertarik aktif disana, walaupun mereka ada yang bukan anak jurusan HI

    BalasHapus
  5. HI jurusan keren sih, eh tapi jurusan lain keren jugalah. Biasanya anak HI ini dituntut untuk bisa hapal banyak bahasa. Terus juga anak HI dikenal pinter ngomong huehue

    Gaji-gajinya menggiurkan, balik lagi sih rezeki masing-masing orang sudah diatur sesuai porsinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg dia pendiem ketika masuk HI pun mau gak mau juga kudu latihan public speakng atau berkomunikasi jadi bikin anak HI mantul-mantul untuk ngmngnya

      Hapus
  6. Setelah membaca postingan ini, tidak akan ada lagi keraguan bagi calon mahasiswa yang sedang galau memilih jurusan. Terbukti, Hubungan Internasional amat menjanjikan. Di almamater saya, Universitas Andalas, sejak 2007 sudah dibuka Jurusan/Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Alasan pendiriannya, salah satunya lantaran Sumatera Barat pernah diakui sebagai gudang diplomat Indonesia, namun ketika itu tidak satu pun lembaga pendidikannya yang menyediakan fasilitas untuk belajar dan mendalami ilmu tersebut. Namun kini, makin banyak saja yang meminati jurusan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap, saya belum pernah nih main ke Universitas Andalas

      Hapus
  7. pilihan kerja selain politisi masih oke kak. Tapi kalau politisi di zaman sekarang kayaknya punya beban yang berat. Selain banyak godaan juga bakal sering dikritik rakyat. Jadi kayaknya cari pilihan kerja yang aman saja, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menerima kritik sudah menjadi salah satu pekerjaan bagi politisi, kalau memang tidak suka dikritik ya bener kata mbak, cari kerja yg aman aja hehe

      Hapus
  8. Kenyataan untuk di lapangan gan, peluang kerjanya HI ga semudah itu. Saya memiliki teman lulusan HI, kerjanya dari karyawan bank.
    Jadi, prospek ini juga ga mendukung pasti tidaknya ia kerja di sana. Bahkan kadang yang ga linier sama latar pendidikannya bisa kerja di sana. Sedih jadinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang, karena ini konteksnya adalah "peluang" yg artinya bisa saja meleset. Anggap saja begini, agan mendapat peluang masuk ke UGM dengan nilai rapot matematika 70, tapi agan hanya dapat 65, jadi memang peluang itu tidak mendukung agan bisa masuk ke UGM tapi menjadi sebuah kemudahan. Jadi salah juga agan klo bilang prospek ini gak mendukung, karna sudah beda konteks

      Hapus
  9. Secara toeritis sih, kebanyaan org berfikiran, gw ambil jurusan ini biar nanti lulus trus kerja di bidang "A" tp kenyataanya sebagian besar banyak ygvmelenceng jauh,, contoh kuliah pertanian, eh dpt kerja sebagai pengelola sosmed perusahaan dll..
    Jauh kan...hehehehe

    Tio
    IotoMagz

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua tergantung idealisme masing-masing, ketika ia ingin memperjuangkn ya bisa kerja ke bidang yg linier, namun kalau yg sudah males dan tuntutan kebutuhan hidup ya asal di mana aja gpp

      Hapus
  10. Ngomongin kuliah juga. Saat ini sarjana sudah sangat banyakk.. Banyaknya prospek kerja juga tidak menjadi jaminan.. Bagaimana kita sukses itu tetep tergantung gimana usaha kita.. Semangat berjuang.. Semoga HI tetep bisa jadi jurusan fav soshumm

    BalasHapus
  11. memang prospeknya bagus sih hubungan internasional, tapi perlu dingat juga sih pesaing juga banyak, jadi pintar-pintar aja cari peluangnya.

    BalasHapus
  12. Artikelnya berfaedah sekali, mas Ahen!

    Dari semua profesi itu, jurusan HI biasanya mengidamkan jadi diplomat tuh. Siapa tahu kan bisa jadi duta besar di negara-negara maju*

    BalasHapus
  13. Peluang kerja HI mempunyai prospek yang bagus. Apalagi HI memang dituntut untuk bisa ngomong dan mampu berbahasa inggris. Jadi gak anek, klo selama ini HI menjadi prodi idaman bagi calon mahasiswa. Tapi untuk jadi politikus. Siapa saja bisa bisa di Indonesia, asal punya banyak Cuan dan relasi jaringan. Hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener gan, relasi sangat penting apalgi ke partai sejak mahasiswa wkwkw

      Hapus
  14. tugas dari konsultan internasional apa ya min? soalnya saya baru denger karir tersebut

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel