-->

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Pada era digital seperti saat ini internet sudah menghilangkan jarak dan waktu bagi manusia di seluruh belahan dunia. Kini manusia bisa saling berkomunikasi dengan jarak ratusan bahkan ribuan kilo secara realtime.

Hal tersebut juga mempengaruhi metode pembelajaran di sekolah maupun di universitas, jika dulu kita belajar di kelas secara tatap muka, kini pembelajaran bisa dilakukan secara online atau jarak jauh.

Jadi, waktu dan jarak tidak bisa dibuat alasan untuk tidak menyelenggarakan mata pelajaran maupun perkuliahan. Namun masih banyak orang yang tidak tau aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk pembelajaran online.

Maka artikel ini bisa membantu para guru, dosen, mahasiswa maupun pelajar agar tau aplikasi atau platform apa saja yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dan mudah digunakan dari berbagai kalangan. Berikut daftarnya :

1. Zoom

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Aplikasi Zoom Meeting bisa membantu kamu dalam melakukan pembelajaran secara online dan menjadi aplikasi yang mudah digunakan oleh orang tua sekalipun. Dengan menggunakan Zoom memungkinkan tatap muka dilakukan seperti halnya di dalam kelas.

Apilkasi Zoom Meeting ini sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar di rumah tapi tetap bisa merasakan suasana di kelas dan melihat wajah teman-temanmu yang ada di rumah mereka masing-masing.

Dosen dan guru juga akan terbantu agar bisa menyampaikan materi pelajaran seperti di kelas.

2. Edmodo

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Aplikasi ke-2 adalah Edmodo, saya sendiri sudah menggunakan Edmodo dari tahun 2016, sudah sekitar 4 tahun. Edmodo merupakan aplikasi yang berbasis di website dan Android yang bisa digunakan untuk pembelajaran online.

Berbeda dengan Zoom, Edmodo memiliki berbagai fitur yang lebih lengkap untuk menunjang kegiatan belajar online. Di sini guru atau dosen bisa membuat kuis dan langsung memberikan nilai, bisa juga melaksanakan ulangan harian atau ujian tengah semester.

Tampilan Edmodo juga nyaman di mata dan mudah untuk digunakan, beragam fitur jelas di sana jadi bagi orang yang pertama kali menggunakannya pun tidak kebingungan.

Ada satu fitur lagi yang keren dari Edmodo, ada fitur Orang Tua yang memungkinkan orang tua tetap bisa mengawasi belajar anak secara online.

3. Google Classroom

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Google Classroom menjadi salah satu aplikasi pembelajaran online terbaik dan paling mudah digunakan. Selain itu untuk menggunakan Google Classroom tidak memerlukan spesifikasi laptop atau komputer yang tinggi, karena basis aplikasi Google Classroom merupakan website.

Selain menggunakan website kamu juga bisa menginstall aplikasi Google Classroom di Android dengan nama aplikasi Google Kelas. Tampilan Google Classroom yang penuh warna membuat belajar online tidak membosankan.

4. Trello

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Selain menggunakan 3 aplikasi di atas, saya juga menggunakan Trello untuk kegiatan perkuliahan. Trello sangat membantu dosen maupun guru yang akan memberikan tugas secara online kepada siswa atau mahasiswanya.

Kerennya, pembuat kelas (guru/dosen) bisa membatasi siapa saja yang bisa masuk ke kelasnya. Jadi yang menentukan siapa yang boleh ikut kelas adalah guru dan dosen setiap mata pelajaran dan kuliah.

Sama seperti Google Classroom, Trello merupakan aplikasi berbasis website jadi tidak perlu laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Tapi Trello juga sudah menyediakan aplikasi untuk Windows dan Mac, aplikasi untuk Android juga sudah ada dan bisa diunduh melalui Google Play Store.

5. Rumah Belajar

5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan

Aplikasi terakhir adalah Rumah Belajar, aplikasi yang berbasis website ini Indonesia banget yang dibuat oleh Kemdikbud. Dengan aplikasi ini berbagai macam keuntungan bisa didapatkan guru maupun siswa.

Ada banyak sekali fitur utama yang disediakan oleh Rumah belajar, seperti buku pelajaran, sumber belajar, bank soal, labolatorium online, dan kelas online semua fitur itu bisa diakses secara gratis.

Memang Rumah Belajar sengaja disediakan oleh Kemdikbud untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan belajar online. Sehingga siswa tetap bisa belajar secara maksimal meskipun dengan cara online.

Selain bisa diakses melalui website, Rumah Belajar juga tersedia di Google Play Store.

Sekian artikel 5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan. Semoga kita bisa tetap mengajar dan belajar di manapun dan kapan pun. Jika ada pertanyaan seputar kelima aplikasi tadi silahkan tulis di kolom komentar.

2 Responses to "5 Aplikasi Pembelajaran Online yang Mudah Digunakan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel