-->

10 Cara Belajar Pemrograman Yang Bikin Kamu Makin Betah Coding

10 Cara Belajar Pemrograman Yang Bikin Kamu Makin Betah Coding
Sumber: unplash/jefflssantos
10 Cara Belajar Pemrograman Yang Bikin Kamu Makin Betah Coding - Belajar bahasa pemrograman selama ini dianggap sulit bagi kebanyakan orang. Dari beberapa komunitas yang saya ikuti mayoritas orang menanyakan hal yang sama "syntaxnya harus dihafal ya ?". Jawabannya: TIDAK!

Cara belajar bahasa pemrograman atau koding tidaklah sesulit bayangan orang-orang. Maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara belajar pemrograman yang santai namun tetap ada progress yang berjalan.

Segala yang saya tulis di artikel ini bukan bermaksud untuk menggurui atau menganggap diri saya sudah menjadi programmer profesional, namun lebih ke berbagi pengalaman cara belajar pemrograman yang nyaman dan tidak membuat diri kita tertekan dengan bahasa-bahasa yang tidak jelas itu.

Semua yang saya tulis di artikel ini sifatnya hanya membantu saja, bukan absolut harus kamu ikuti. Sebab kita memiliki cara sendiri untuk bisa pergi ke suatu tempat. Mungkin cara saya ini dengan menggunakan mobil. Nah berhubung kamu mabuk jika naik mobil, kamu bisa naik pesawat untuk menuju ke tempat tujuanmu. Mau apapun kendaraanmu, apapun caramu terus berkarya sekecil apapun.

Berikut adalah 10 Cara Belajar Pemrograman Yang Bikin Kamu Makin Betah Coding:


1. Kenali Dirimu

Sebelum mulai ke dalam teknisnya, sebaiknya kamu harus kenal dulu dengan dirimu. Kamu harus tau apa alasanmu belajar pemrograman, kenali dahulu akan kamu apakan kemampuanmu itu nantinya. Pahami juga minat bakatmu ada di mana agar saat di tengah-tengah belajar pemrograman kamu tidak bingung harus melakukan apa.

Dengan mengenal dirimu sebelum memulai belajar, kamu bisa menemukan metode paling tepat yang bisa kamu pakai. Ibaratnya sebelum berlatih menjadi seorang ksatria kamu harus tau senjata mana yang paling tepat kamu gunakan. Mungkin pedang, panah atau tombak. Begitu pula dengan belajar koding atau bahasa pemrograman.

2. Cari Tahu Minatmu

Kamu sudah mengenal dirimu ? sekarang saatnya kamu harus lebih mengenal minatmu.

Untuk apa ? ya untuk mendukung proses belajarmu dan memetakan kamu harus belajar apa. Jangan-jangan kamu minat terhadap website tapi malah belajar bahasa pemrograman Kotlin kan tidak linier dan tidak sesuai. Hal itu bisa membuatmu harus belajar dua kali untuk bisa mencapai tujuanmu sebagai web developer.

Mulai sekarang, petakan minatmu dengan cara membuat mindmapping atau kamu catat di buku catatan kamu berminat untuk belajar mengenai pemrograman website, aplikasi dekstop/komputer, aplikasi IOS, Aplikasi Android, game, atau IOT. Kamu harus cari tau dan mulai temukan yang paling sesuai denganmu.

Jangan lupa untuk cari minatmu yang lain, yang tidak berhubungan dengan komputer. Misalnya kamu suka menanam sayur, kamu suka berorganisasi, dan lain sebagainya. Dari minat itu akan ada problem, nah tugasmu disini adalah mencari penyelesaian dari problem itu. Percayalah dengan cara seperti itu semangat belajarmu akan semakin besar.


3. Kenali Cara Belajarmu

Seperti cara orang-orang memegang pensil dengan cara yang berbeda begitupula orang yang ingin belajar bahasa pemrograman. Contohnya saya, saya belajar pemrograman biasanya diiringi musik, dan harus dengan suasana yang santai. Mungkin kamu jika belajar dengan cara saya menjadi tidak konsentrasi karena ada suara lagu.

Mulai detik ini, enjoylah dengan cara belajarmu, jangan melihat cara belajar mereka yang sudah sukses tapi buatlah cara buatanmu sendiri bisa membuatmu sukses.

Buat orang lain menirumu, bukan kamu meniru orang lain.


4. Belajar Materi Dasar

Iron Man saja tidak langsung keren seperti sekarang, pada awalnya baju besinya dibuat dari rongsokan. Tapi lihat sekarang, bagaimana canggihnya baju besinya, bahkan bisa sampai melukai Thanos. Apa yang bisa kita pelajari ? semua dimulai dari dasar.

Kamu bisa mulai belajar algoritma, karena semua pemrograman dimulai dari menemukan masalah dan kamu harus menemukan solusi dari masalah itu. Dan semua itu butuh yang namanya algoritma.

Setelah kamu mempelajari algoritma, kau bisa mulai memilih bahasa pemrograman mana yang akan kamu pilih. Misal kamu ingin belajar membuat aplikasi android, kamu bisa mulai memilih antara belajar bahasa pemrograman Kotlin atau bahasa pemrograman Java.


5. Coding Setiap Hari

Sama seperti saat kamu belajar sepeda waktu masih kecil, kamu tidak bisa belajar sepeda dengan cepat jika kamu hanya belajar seminggu sekali, harus setiap hari agar kamu bisa cepat menguasai skill mengendarai sepeda. Hal itu juga berlaku untuk coding, jika kamu tidak rajin berlatih setiap hari, maka kemungkinan menguasai bahasa pemrograman akan semakin kecil karena bisa jadi kamu akan lupa program yang sudah kamu buat minggu lalu.

Maka dari itu mulai saat ini luangkan waktu setidaknya 2 jam sehari untuk belajar coding. Ingat selalu bahwa semua hal besar berawal dari hal kecil. Jangan pernah lelah, buat coding sebagai kebutuhanmu. Semangat !!!

6. Try and Error

Belajar coding tidak bisa hanya berdasarkan teori saja, percuma kamu menghabiskan 2 buku untuk belajar pemrograman namun kamu tidak mempraktikannya. Bisa dibilang percuma.

Cara terbaik belajar pemrograman adalah dari error, semakin banyak error yang kamu selesaikan maka semakin banyak pula skill yang bisa kamu pelajari. Teruslah praktik dan teruslah bertemu error.

7. Jangan Pernah Putus Asa

Belajar bahasa pemrograman tidak akan selamanya berjalan mulus, suatu saat pasti kamu akan bertemu dengan error yang sulit diselesaikan. Saya juga pernah bertemu dengan error yang bagi saya sulit untuk diselesaikan, sudah tanya ke grup dan teman hasilnya masih zonk. Lantas apa saya berhenti ? jawabannya iya.

Berhenti untuk istirahat bukan berhenti selamanya dan meninggalkan error itu begitu saja. Jika kamu bertemu error yang sulit, coba berhenti sejenak, kamu bisa membuat program lainnya atau bermain game atau belajar bahasa pemrograman lain agar. Jangan hanya berhenti di satu error saja, kamu tidak akan bisa berjalan.

Pasti suatu saat kamu bisa menemukan solusinya, bisa ketika kamu sedang makan, sedang berdiskusi, atau bahkan sedang buang air besar.

8. Tantang Terus Dirimu

Merasa cukup dengan progressmu bukanlah hal baik. Maka jangan mudah merasa cukup dengan progressmu.

Terus tantang dirimu, jika minggu ini kamu berhasil membuat aplikasi untuk manajemen buku di perpustakaan dengan cara manual. Minggu depan kamu bisa belajar manajemen buku di perpustakaan dengan menggunakan barcode. Tantang dirimu untuk mencoba hal baru jangan cepat puas.

Tamaklah untuk hal baik, jangan cepat puas, jangan cepat cukup. Tempa terus dirimu, banyak orang di sekitarmu menunggu hasil kerja kerasmu.

Banyak masalah di Indonesia, maka tantang terus dirimu untuk bisa menyelesaikan dengan kekuatan supermu.

9. Jangan Bandingkan Dirimu

Kamu dan orang lain berbeda, maka jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Jika orang lain belajar dasar pemrograman PHP hanya membutuhkan waktu 2 hari, dan kamu butuh waktu 1 minggu, jangan pesimis. Menjadi manusia lambat bukanlah suatu kesalahan namun menjadi bahan bakar untuk dirimu terus belajar.

Belajar bukan tentang siapa yang paling cepat, namun tentang siapa yang bisa memberikan dampak kepada sekitar dari hasil belajarnya.

Maka dari itu jangan pernah bandingkan progresmu dengan progres orang lain, kamu punya jalanmu sendiri menuju kesuksesanmu.

10. Buat Karya Versimu Sendiri

Baiklah, kamu sudah menguasai bahasa pemrograman dan kau bingung ingin membuat aplikasi atau website yang seperti apa. Tenang, coba kamu lihat beberapa website dan aplikasi yang sudah dibuat orang lain.

Kemudian komentari karya mereka, cari kekurangan dari karya mereka dan mulai buat karya versimu sendiri, kamu bisa menyempurnakan fitur yang ada di karya orang lain, atau lebih baik lagi kamu buat karya yang memang kamu butuhkan.

Semangat, belajar bahasa pemrograman tidak akan pernah cukup. Sebab teknologi akan terus berkembang setiap harinya, setiap jamnya, setiap menitnya, bahkan setiap detiknya.

0 Response to "10 Cara Belajar Pemrograman Yang Bikin Kamu Makin Betah Coding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel